Zwartboek : Cinta membelit gerakan bawah tanah

Zwartboek

zwartboek

Pemain : Carice van Houten, Sebastian Koch, Thom Hoffman, Halina Reijn, Waldemar Kobus, Derek de Lint, Christian Berkel, Dolf de Vries, Peter Blok
Sutradara : Paul Verhoeven
Penulis Naskah : Gerard Soeteman dan Paul Verhoeven
Produser : Jeroen Beker, Teun Hilte, San Fu Maltha, Jos van der Linden dan Frans van Gestel

Zwartboek atau Buku Hitam ini mengambil kisah pada penghujung musim panas pada 1944, saat seorang penyanyi Jerman berdarah Yahudi, Rachel Stein (Carice van Houten), berhasil bersembunyi dari sergapan pasukan fasis Nazi.

Ketika rumahnya dihancurkan oleh tentara Nazi dan seluruh keluarganya dibunuh, Rachel berhasil lari dan bergabung dengan kelompok perlawanan bawah tanah Belanda yang dipimpin Gerben Kuipers (Derek de Lint) dan Hans Akermans (Thom Hoffman).

Keduanya meyakinkan Rachel untuk menyusup ke pasukan keamanan Jerman, mengumpulkan informasi dalam profesinya sebagai biduanita bernama Ellis de Vries.

Tugasnya adalah mendekati pejabat militer Jerman, Ludwig Muntze (Sebastian Koch), namun yang terjadi justru jalinan cinta. Alhasil keduanya ditangkap intel Jerman dan dipenjarakan.

Kawan Rachel tentu saja bertindak untuk menyelamatkannya. Tapi bagaimana dengan Muntze yang merupakan musuh bangsa Belanda? Inilah plot paling menarik film ini.

Film dengan durasi 135 menit garapan sutardara Paul Verhoeven ini tercatat sebagai pemenang Golden Calf 2006, unggulan calon Film Terbaik untuk Piala Golden Lion dalam Festival Film Venice 2006 dan masuk sebagai calon nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik dalam Oscar 2007.

Prestasi ini cukup mengagetkan mengingat Verhoeven sebelumnya dikenal sebagai penggarap film laga seperti Robocop (1987), Total Recall (1990) dan film panas penuh desah, Basic Instinct (1992). (Algooth Putranto)

Leave a comment