Presiden: Hargai ‘orang gila’ inovasi

Kamis, 21/12/2006 12:47 WIB

oleh : Diena Lestari

JAKARTA (Bisnis): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Menteri Perindustrian Fahmi Idris untuk memberi penghargaan kepada ‘orang-orang gila’ yang inovatif, kreatif, dan memberi kontribusi bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Presiden mengusulkan tiga penghargaan baru untuk ‘orang-orang gila’ tersebut yaitu penemu teknologi penggunaan bahan bakar minyak yang efisien, penemu teknologi energi terbarukan, dan penemu teknologi pertanian.

“Jangan terlalu birokratis, jangan diremehkan, dan jangan dihina. Para inovator itu memang kerap seperti orang gila dalam arti positif. Hargai mereka dan upayanya,” ujar Presiden dalam sambutan pemberian upakarti kepada 22 orang dan kelompok usaha di Istana Negara, Jakarta hari ini.

Untuk teknologi penggunaan BBM secara efisien, saat ini tengah dicoba putra asal Sulawesi Tengah bersama TNI AL mengembangkan teknologi BBM dicampur air dengan perbandingan 1:4. Ada empat mobil sedang diuji coba sebelum diumumkan hasilnya.

Untuk pengembangan energi terbarukan, Presiden menantang pemanfaatan angin, matahari, bahan nabati sebagai sumber energi yang murah dan efisien. “Kita tidak kekurangan itu semua. Untuk angin, kita sangat banyak. Karena banyaknya, kita sering masuk angin,” ujarnya disambut tawa hadirin.

Penghargaan terakhir yang diusulkannya untuk siapa saja yang bisa membuat tanaman lebih produktif hasilnya dengan ketentuan merusak lingkungan dan tidak merugikan kesehatan.

“Jangan dipinggirkan, jangan dihinakan. Pikiran yang belum ada itu bisa jadi jalan Allah. Kalau kita bisa kembangkan produktivitas pertanian, tidak ada ceritanya kekurangan beras,” ujarnya. (ln)

One thought on “Presiden: Hargai ‘orang gila’ inovasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s