Inilah 10 Teknologi Idaman Masa Depan

Jakarta, Produk atau teknologi seperti apakah yang akan berpengaruh besar bagi dunia pada masa mendatang?

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, inilah daftar produk dan teknologi masa depan yang dianggap akan sangat menarik jika bisa menjadi kenyataan, seperti dikutip detikINET dari eweek, Jumat (15/6/2007).

USB Mungil Berkapasitas100 Terabyte
Di zaman serba mobile seperti sekarang ini, konsumen menginginkan semua pekerjaan bisa dilakukan secara ringkas tanpa merepotkan harus membawa-bawa tempat penyimpanan data yang ribet misalnya. USB mungil berkapasitas 100 Terabyte menjadi salah satu produk yang diimpikan di masa mendatang.

Bayangkan bagaimana jika USB berkapasitas 100 Terabyte alias 100.000 GB (1 Terabyte: 1000 GB) ada di saku Anda! Anda bisa membawa seluruh data yang diinginkan. Produk ini potensial segera menjadi kenyataan dengan adanya penelitian tentang kemungkinan penggunaan protein sebagai metode penyimpanan data.

Penerjemah Universal
Sebuah alat kecil yang bisa menerjemahkan banyak bahasa secara cepat juga merupakan salah satu yang diinginkan. Banyak hal telah dilakukan untuk mewujudkan produk ini, terutama oleh militer. Namun, masih dibutuhkan waktu yang panjang untuk menciptakan teknologi seperti ini.

Alat Pengganti Baterai
Teknologi baterai sebagai sumber daya tidak banyak berubah sejak pertengahan tahun 1800-an. Terlihat menyedihkan bahwa laptop yang dipenuhi teknologi modern masih memakai baterai sebagai sumber daya. Dengan daya tahan yang relatif sebentar dan memakan waktu untuk isi ulang, teknologi canggih pengganti baterai seharusnya segera dibuat.

Dunia Virtual yang Nyata
Dunia virtual seperti halnya game Second Life memang menyenangkan. Namun, dunia virtual seharusnya diciptakan tidak jauh berbeda dari dunia nyata, misalnya seperti dalam film The Matrix, film tentang dunia maya.

Kemampuan ‘Matrix’
Berbicara tentang The Matrix, ada bagian dimana manusia bisa melakukan karate tingkat tinggi dalam sekejap. Mungkinkah tercipta teknologi dimana kita bisa melakukan segala sesuatu yang tidak bisa kita lakukan dengan transfer data secara cepat? Teknologi seperti ini termasuk yang diinginkan ada di masa depan.

Teknologi Kontrol Pikiran
Mungkin Anda mengira teknologi ini hanya khayalan. Namun dalam penelitian baru-baru ini, seorang manusia cacat mampu menggerakkan mouse hanya dengan pikirannya. Di masa mendatang, teknologi seperti ini menjadi salah satu impian.

Transportasi Lebih Cepat
Kemajuan teknologi tranportasi tidak banyak terjadi selama 30 tahun terakhir. Tranportasi seperti ‘pintu ke mana saja’ milik Doraemon mungkin hanyalah mimpi. Namun, manusia diharapkan dapat membuat teknologi yang mampu meningkatkan kecepatan perjalanan sampai dua kali lipat dibanding sekarang.

Komputer Dengan Kecerdasan Artifisial
Kecanggihan komputer memang meningkat begitu pesat. Namun manusia masih harus menunggu lama untuk menciptakan komputer yang dilengkapi kecerdasan artifisial atau kecerdasan buatan yang menyerupai tingkat kepandaian manusia.

Teknologi Nano Yang Aman
Saat ini, manusia berada pada tahap awal dari teknologi Nano. Ada kemungkinan bahwa di masa mendatang, teknologi ini bisa menyembuhkan penyakit manusia maupun masalah lingkungan. Namun, bisa juga teknologi ini malah menyebarkan penyakit ataupun menghancurkan sebuah kota. Harapannya, hal-hal yang negatif tidak akan terjadi.

Teknologi Penyembunyi Identitas
Teknologi modern zaman sekarang menyediakan banyak hal bagus. Namun karena teknologi pula, privasi dan anonimitas manusia terusik. Teknologi idaman pada masa depan yang diidamkan berupa sesuatu yang bisa membuat Anda benar-benar tak terlihat dari kamera tersembunyi, GPS dan juga teknologi lanjutan yang membuat privasi semakin sulit dijaga.
(dwn/dwn)

14 thoughts on “Inilah 10 Teknologi Idaman Masa Depan

  1. Desmanjon

    USB Mungil 100 terabyte …. sanggup ga untuk nyimpan dokumen “korupsi-korupsi” Indonesia. Sepertinya, ga sanggup ya…! Bayangin saja, dari Sabang sampai Merauke X 62 tahun = 100,1 terabyte.
    Penerjemah universal juga ga mungkin. Kata “elo” ga ada dalam bahasa Indonesia, Bung! Susah deh,…! Soalnya kita harus selalu berbeda bahasa dan tidak perlu pake teknologi alih bahasa segala…
    Masuk Fakultas Sastra dan Bahasa dong …

    Reply
  2. Oki Prasetyo

    bisa aja lagi klo kita percaya pada mimpi…
    semoga aja gw bisa bikin alat pengalih bahasa, gw ngomong b.indonesia ama orang asing jd fine2 aja begitu jg sebaliknya.hehehe…jd gw ga perlu kursus bahasa asing yg muahal itu loch…!!!!

    Reply
  3. USBisnotFLASHDISK

    USB? maksudnya FLASH DISK??
    ck..ck..ck…udah tahun 2007 masi aja ada yang bilang USB Flash Disk = USB
    dasar makhluk primitif….

    Reply
  4. Budi

    Teknologi utk transfer ilmu pengetahuan scr cepat kdalam otak jauh lebih menggiurkan. Soalx aq kan pingin py ilmu pengetahuan tentang gimana cara2 korupsi yg aman dan sukses. Mengalahkan pejabat2 korup negri ini.

    Reply
  5. RS

    @USBisnotFLASHDISK
    USB FlashDisk ya USB… gimana sih ente bego banget baru kenal komputer kemaren sore ya gituan aja dipermasalahin…

    Reply
  6. Diah

    semoga teknologi diindonesia gak kalah ciamik sama buatan luar.tapi yang penting bukan banyaknya produk yang dijual tapi kualitas produk yangh keluar walaupun hanya sedikit tentunya tidak barang hasil bajakan karena bangsa kita lagi gembar gembor stop pembajakan!

    Reply
  7. erick

    hmmm…

    transportasi lebih cepat?!

    selain doraemon, da jg tuh di pelemx x-man.. Teleport!

    wkt study di jerman, ud da konsep simulatorx

    Reply
  8. Dreamer

    walau pun benar teknologi itu berhasil ditemukan/diciptakan, itupun lom pasti bisa langsung dicicipi oleh indonsia, indo kan terkesan kek kura2 dlm hal teknologi/inovasi..nunggu minimal 10thn kedepan lah stlah Keajaiban Teknologi itu muncul..
    kalo saya sih tergelitik ama teknologi penyembunyi identitas itu alias Invinsible gak keliatan ya? tapi apakah tidak berbahaya? pergi rampok bank tapi gak keliatan ama sekuriti banknya.. :O

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s