Onno Purbo: Pemerintah Jangan Tunda Tender WiMax

Bandung, Pemerintah dianggap telah melakukan kesalahan dengan mengulur-ulur waktu pelaksanaan tender penyelenggaraan akses nirkabel pita lebar nirkabel (broadband wireless access/BWA) yang sebelumnya dijadwalkan pada Maret 2007.

“Seharusnya pemerintah meneruskan kebijakan tersebut dengan membuka kembali frekuensi 3,5 MHz untuk keperluan layanan WiMax (salah satu teknologi BWA – red.),” kata praktisi telematika, Onno W. Purbo, kepada wartawan di pameran komputer BLiX 2007 di Be Mall, Bandung, Minggu (11/3/2007).

Dengan mempercepat pembukaan layanan Wimax atau layanan telekomunikasi generasi keempat (4G), menurut Onno, masyarakat akan lebih mudah melakukan percakapan berbasis protokol Internet (VoIP) yang lebih murah karena didukung piranti lunak opensource. “Kalau Wimax digelar, biaya komunikasi akan jauh lebih murah dibanding saat ini,” ujarnya.

Peraih gelar doktor dari Kanada itu mencontohkan, jika seseorang menghabiskan biaya pulsa seluler untuk berkomunikasi sekitar Rp 300 ribu per bulan, maka dengan layanan telekomunikasi VoIP seperti yang dibangun oleh komunitas RT/RW Net, hanya menghabiskan Rp 150 ribu per bulan dengan pemakaian tidak terbatas dalam sebulan.

“Dengan Rp150.000 akses inernet bisa dilakukan 24 jam, tanpa harus mengeluarkan pulsa tambahan. Murah, kan?” katanya.

Menurutnya, teknologi saat ini sudah sangat memungkinkan untuk menggelar layanan berbasis Wimax, namun masih terkendala berbagai faktor antara lain belum adanya penomoran yang masih dikuasai atau dimiliki operator.

Selain itu, Onno juga beranggapan, penundaan tender WiMax oleh pemerintah dikarenakan untuk melindungi layanan 3G yang digelar operator karena telah menelan biaya sangat besar.

“Inilah yang menjadi kesulitan kita, yaitu adanya gap teknologi. Jadinya kita selalu dibodoh-bodohin oleh operator ataupun pemerintah,” cetusnya.

“Pemerintah itu sebenarnya mau berteman dengan rakyat atau bermusuhan. Kondisi riilnya di lapangan kita sudah siap dengan teknologi ini,” ujarnya.

Terkait dengan operator yang saat ini telah memberikan layanan VoIP, Onno menjelaskan dalam jangka panjang jasa operator hanya layanan serat optiknya saja.

“Intinya, teknologi 4G seiring dengan next generation network ini semuanya sudah tersedia secara cuma-cuma. Artinya, layanan itu tidak bisa dibendung,” tegasnya.

Ia mengutarakan, secara regulasi layanan telekomunikasi berbasis VoIP secara gratis ini tidak melanggar regulasi. “Sesuai regulasi Kepmenhub 21/2001 pasal 60, intinya, cuma butuh izin menteri kalau layanan ini dikomersialkan kepada masyarakat,” katanya.(rou/dbu)

18 thoughts on “Onno Purbo: Pemerintah Jangan Tunda Tender WiMax

  1. citoro

    rakyatnya yang mau maju koq malah dibendung? ZUPER ANEH!!!
    TAPI….sssssttt…..tau kan saham TELKOMSEL sama INDOSAT dimiliki siapa? He…he…he…TRAGIS sekaligus IRONIS bangsa ini !!!

    Reply
  2. deedrei

    Pemerintah bisa apa sih….??????
    Orang2nya bergelar D-3 semuanya sih (Datang, Duduk Diam) tanpa melakukan suatu tindakan yang konkrit.
    Rakyat mo maju kok di halang-halangi ……

    Reply
  3. stn

    Ditengah kondisi ekonomi rakyat yang lg sulit gini, pemerintah jangan arogan dengan mementingkan segelintir pengusaha atau usahanya, nanti kulat ……… (bukankah selama ini sudah kualat)
    Anda (Pemerintah) melayani pengusaha atau rakyat

    Reply
  4. MasGiant

    He he he mudah2an Wimax cepet terealisasi. Pinginnya sih internetan lebih murahanlah atau kalau bisa ada pengematan lebih dari 50% dari biaya langganan yang ada saat ini. …….. Kalau gratis sih sepertinya ndak mungkin yah. Mana ada hari gini gratis…

    Reply
  5. vickky

    parah sekali… bangsaku… mendingan kita balik ke zaman purba dari pada ga mau…maju2… cuma mikirin keuntungan.. doang.. padahal bangsa kita teknologinya udah ketinggalan banget..ama bangsa lain…sekali mau maju malah dihalang-halangin…

    Reply
  6. kiky

    duh ga ngerti nih pemerintah maunya apa…? Indonesia udah jauh banget ketinggalan..tus mo sampe kapan rakyatnya mau dibikin bodoh terus…?

    Reply
  7. giatunmustofa

    kayanya operator seluler di indon mulai takut kalau wimax bakal direalisasikan Pak Mentri tolong dong pakai produk Wimax aza yang bikinan umat sendiri,khan lebih ekonomis.ocreee.

    Reply
  8. wasik

    kang ono dimana saya bisa mendapatkan radio dan peralatan yang dibutuhkan seperti yang saya tonton di saluran metro tv domisili saya di Surabaya, saya sangat tertarik untuk mencoba teknologi yang anda buat

    Reply
  9. harry

    kang onno bagaimana sih cara setting host pd wirrelless…buat ngedapetin host biar wirrellesss yg kita buat jadi terkoneksi…

    Reply
  10. hartono

    memang,
    pinginnya kita itu mengurangi dosa dengan tidak ngomongin orang lain ( disini yang dimaksud : pemerintah )
    tapi kalo tidak diomongin bikin mulut gatel nih…..
    masih ada pertimbangan apa lagi, sampai kemajuan teknologi yang bersifat positif ditahan-tahan. kalau memang ada, sampaikan ke masyarakat sehingga masyarakat tidak su’udhon
    ngomongnya ingin memajukan masyarakat,
    tapi dari dulu lebih banyak membodohi masyarakat daripada memintarkan masyarakat.

    capek deeeh….

    Reply
  11. Benny Wicaksono, ST

    MOBILITAS PENGGUNA VOIP & PELUANG BISNIS VOIP !!!

    Perkenalkan, Saya Benny Wicaksono.

    Saya marketing dari Quest Technologies Ltd. bergerak dalam bidang Telekomunikasi khususnya VoIP (Voice over Internet Protocol) telah mendapat sertifikat ISO 9001:2000. Memanfaatkan teknologi milik kita sendiri mulai dari Hardware, Jasa Provider, hingga Infrastruktur Telekomunikasi. Memberikan kemudahan serta mobilitas bagi para pengguna jasa layanan VoIP.

    Tidak hanya dapat digunakan dari Internet ke Internet. Tapi dapat digunakan dari INTERNET KE OPERATOR lain di 220 Negara. Bahkan dapat digunakan TANPA INTERNET yaitu dari Operator ke Operator lain baik melalui Handphone (GSM/CDMA), PSTN (Telefon rumah), PABX (Telefon kantor), FAX, atau Public Phone (Telefon Umum). Tentu dengan tarif yang luar biasa hemat yaitu HEMAT 95% UNTUK SAMBUNGAN LANGSUNG INTERNATIONAL (SLI) dan HEMAT 70% UNTUK SAMBUNGAN LANGSUNG JARAK JAUH (SLJJ).

    Serta memberikan PELUANG BISNIS (FRANCHISE) kepada customernya secara cuma – cuma dengan potensi income sebesar US$250 – US$15,000 / Month. Sistem bisnis yang digunakan adalah Flat Marketing. Hebatnya peluang bisnis ini tidak hanya bergerak dalam bidang Telekomunikasi (VOIP), tapi dalam berbagai bidang bisnis elit lainnya. Seperti : Pariwisata (Resorts & Spa), Perhiasan (Sertifikat B.H Mayermint Germany), Otomotif (Sepeda Motor SUZUKI), Electronic (Digital Camera), Body & Health (Bio Disc).

    HARGA:
    A. 1 PAKET LAYANAN VOIP : Rp. 5,8 Juta. (Informasi lengkap baca Brosur)
    Sudah termasuk : Ongkos Kirim & Peluang Bisnis (Franchise)!
    B. PAKET PARSIAL LAYANAN VOIP : Rp. 2,9 Juta. (Informasi lengkap baca Brosur)
    Sudah termasuk : Ongkos kirim & Peluang Bisnis (Franchise)!

    Important Link:
    LAYANAN VOIP (VOICE OVER INTERNET PROTOCOL)
    Perusahaan : Quest Technologies Ltd. : http://www.qt-ltd.com
    Hardware : Linksys Cisco Inc. : http://www.linksys.com
    Jasa : In-voice : http://www.in-voice.com
    Infrastruktur : QiComm Ltd. : http://www.qicomm.com

    PELUANG BISNIS (FRANCHISE BUSINESS)
    Perusahaan Induk : Quest International Ltd. : http://www.qi-ltd.com
    Marketing : QuestNet Ltd. : http://www.quest.net

    Untuk pembelian, informasi lebih lanjut, atau mendapatkan brosur dapat langsung menghubungi:

    Bpk. Benny Wicaksono (IR ID : HU 096085)
    Hp: 0856.9922.596
    Email: beni_wtc@yahoo.com
    WTC (World Trade Centre)
    Wisma Metropolitan II Lt.11 & 15
    Jl. Jend. Sudirman KAV 29-31
    Jakarta 12920.
    (Meeting by appointment only).

    Warm Regards,
    Benny Wicaksono

    Reply
  12. Lucu

    napa tidak aja sekalian cpu 2 ato 4 cores ditunda atau dilarang aja importnya ke indonesia, toh byk juga pengusaha komputer yg tlah mengeluarkan modal yg sangat besar dan masih punya byk stok pentium4..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s