Nissan X-Trail baru: Karena Cinta

New Nissan
(08/03/2007) – Tidak ada ‘lompatan’ disain dari X-Trail baru yang debut di Geneva Motor Show. Hanya ada evolusi bukan revolusi dan itu semua karena cinta. Ya, cinta pemilik X-Trail yang sangat menyukai X-Trail apa adanya seperti sekarang.

” Versi originalnya sangat disukai pemiliknya dan banyak dari mereka tidak ingin kami mengubahnya. Ini problem bagi kami, tapi juga menyenangkan, kata Pierre Loing, Vice President, Product Planning, Nissan Europe. Karena itu, dalam tahap perencanaan, Nissan mendengarkan semua masukan dari pemiliknya X-Trail yang sekarang untuk mendengarkan apa yang dianggap baik dan tentu saja, apa saja yang bisa disempurnakan untuk X-Trail baru.

Nissan pernah salah perhitungan dengan X-Trail, membuat mereka berhati-hati dan menaruh perhatian penuh terhadap permintaan konsumennya. Enam tahun lalu, ketika diluncurkan, Nissan menargetkan penjualan diseluruh Eropa sebanyak 23,000 unit/tahun. Nyatanya perhitungan itu salah. Nissan pernah menjual 64,000 unit/tahn dengan rata-rata 54,000 unit/tahun. Ini 135% lebih banyak dari target. Total penjualan sejak diluncurkan adalah 275,000 unit diseluruh Eropa dan 615,000 unit diseluruh dunia. Di Indonesia X-Trail juga jadi salah satu pilihan utama dikelasnya.

“Jadi, ketika mereka meminta kami tidak mengubahnya, kami dengarkan,” Pierre Loing. “Tapi itu tidak menghentikan kami untuk terus menyempurnakan versi originalnya. X-Trail ini benar-benar kendaraan baru, dibangun berdasarkan kesuksesan pendahulunya daripada mencoba membuat sesuatu yang beda.”

Nissan menggunakan sasis dan body baru, memperluas pilihan mesin dengan peforma dan efisiensi bahan bakar lebih baik, interior lebih lega dan ruang bagasi lebih luas serta meningkatkan kualitas interior dan kenyamanannya.

Meskipun dimensinya sedikit melar, Nissan tetap menempatkan X-Trail sebagai compact SUV yang nyaman dan mudah dikendalikan di jalanan. Meneruskan keunggulan pendahulunya yang praktis dan fungsional dan setangguh pendahulunya.

Tawaran Nissan menarik, kala rival-rivalnya ‘melunakkan’ SUV-nya agar lebih banyak menarik pembeli yang berorientasi kenyaman berkendara di jalan raya, Nissan justru meneguhkan posisi X-Trail sebagai SUV sejati lengkap dengan kapabilitas off-roadnya. Pasalnya, Nissan sudah memiliki Qasqhai untuk memenuhi harapan konsumen yang mendambakan SUV senyaman sedan.

“Tapi itu tidak menghentikan kami untuk terus menyempurnakan versi originalnya. X-Trail ini benar-benar kendaraan baru, dibangun berdasarkan kesuksesan pendahulunya daripada mencoba membuat sesuatu yang beda.”

Pierre Loing, Vice President, Product Planning,
Nissan Europe

X-Trail akan dipasarkan di seluruh Eropa mulai musim panas tahun ini. Begitu pentingnya pasar Eropa untuk penjualan X-Trail, Nissan bahkan mendahulukan Eropa daripada Jepang. Ini pertamakali dalam sejarah Nissan, untuk model yang dibuat di Jepang.
X-Trail baru berbagi platform dengan Qashqai. Platform ini mengunakan strut-type suspension di depan dan multi-link system di belakang. Keduanya menumpu sub-frame bersalut karet sehingga meningkatkan perlindungan dari getaran dan meningkatkan kehalusan berkendara.

Wheelbase lebih panjang dari sebelumnya, naik 5mm menjadi 2630mm, sementara panjang keseluruhan naik 175mm menjadi 4630mm. Pertambahan panjang itu paling banyak dimanfaatkan jadi area bagasi yang meningkat dramatis. Sudut datang dan pergi 28 dan 23 derajat dengan ground clearance 200mm memungkinkan X-Trail merayapi medan off-road.Menurut perhitungan, kapasitas bagasi meningkat 193liter menjadi 603 liter.

ALL MODE 4×4-i
Terpenting adalah peningkatan off-road ability dengan adopsi ALL MODE 4×4-i system yang baru, cerdas dan dikontrol secara elektronis. Sistem ini dilengkapi kemampuan hill start dan descent control.

Mengoperasikan ALL MODE 4×4-i cukup dengan memutar knob di center console. Salah satu yang ditonjolkan sistem ini adalah Uphill Start Support yang secara otomatis aktif ketika lintasan membentuk sudut lebih dari 10 derajad, menahan mobil dengan rem sampai pengemudi start bergerak lagi. Sistem ini juga bekerja ketika mobil dimundurkan melalui lintasan naik atau turun.

Fitur lain adalah Downhill Drive Support yang diaktifkan lewat switch di centre console. Sistem beroperasi ketika ALL MODE pada lock mode. DDS menggunakan antilock brake untuk menjaga kecepatan turun 7km/jam sehingga pengemudi benar-benar bisa konsentrasi pada kemudi. Sistem ini juga bekerja ketika mobil mundur.

X-Trail menawarkan pilihan mesin lebih beragam, dua bensin dan dua diesel. Mesin diesel yang dipakai adalah varian dari mesin 2.0 liter M1D yang dikembangkan Renault. Di X-Trail mesin ini menghasilkan output 110kW (150hp) dan meningkat jadi 127kW (173hp) untuk mesin dengan intercooled. Torsinya masing-masing 320Nm dan 360Nm yang 90% darinya sudah tercipta pada putaran mein 1750rpm.

Kedua mesin dilengkapi diesel particulate filter. Gearbox standar untuk kedua mesin ini adalah 6-speed manual transmission dan khusus mesin 110kW ada option 6-speed automatic transmission.

Mesin bensin baru berkapasitas 2.0 liter yang memproduksi 103kW (140hp) dan torsi 193 Nm. Mesin dari alloy ringan dan dibuat bersama Renault ini menawarkan produksi torsi melimpah hingga 90% sejak putaran mesin 2400rpm.

Sedangkan mesin bensin lainnya berasal dari mesin yang dipakai X-Trail sekarang, berkapasitas 2.5 liter 124kW (169hp) yang mengalami serangkaian penyempurnaan untuk efisiensi lebih baik, lebih halus dan rentang servis lebih lama. Torsinya 233Nm. Kedua mesin bensin dipasangkan dengan 6-speed manual gearbox dan CVT sebagai optional.

Fitur safety standar meliputi side airbags, curtain airbags, ABS dan EBD.

11 thoughts on “Nissan X-Trail baru: Karena Cinta

  1. Andrei

    Kapan New X-Trail 2007 masuk pasar Indonesia, ada berapa tipe dan berapa cc..berapa kira-kira pasaran harga.
    Dimana saya bisa mendapatkan BROSURnya.
    Thanks

    Reply
  2. eko

    type yang dipasarin apa aja,, bbmnya pakai bensin atau pertamak? 1 liter utk brp km.. type maticnya ada juga kan maklum jakarta kan macet bangeeetttt..

    Reply
  3. billy

    iya susah juga nich artikelnya, ..
    klo versi yang di geneva, ada perubahan cukup signifikan, 4x4i body yang lebih wide n long, plus sunroof..
    cuman skrg masih jadi mistery klo versi yang di indo yang gimana yach..
    klo bisa usul nich, xtrail 2000cc 4×4 plus sunroof..kerenn
    cc gede blm tentu juga digunakan maksimal. mending cc versi CBU trus ditambah 4×4, harga bisa moderat dan pemakaian bisa ngga boros.

    Reply
  4. dadang cipto budi

    New X-Trail 2007 masuk Indonesia kapan, tipe apa saja + cc dan tentuuuuuu berapa tepatnya harga OTR di jogja.

    Tks, kami tungguu jawabannya. Bisa-bisa: tak bisa pindah ke lain hati,….. tapi ke lain badan bisa dong.

    Reply
  5. Ansyori K

    Mulai kapan New X Trail di luncurkan, harganya berapa? Spek mesinnya apa ada perubahan, dan apakah lebih irit bahan bakarnya?

    Reply
  6. KHALID MUSSAVI ABDUSSALAM

    KAPAN NISSAN X-TRAIL VERSI DIESELNYA DILUNCURKAN DI INDONESIA ?.
    KALO DILUNCURKAN WAH TAMBAH LENGKAP DAN BISA BERSAING DGN ATPM CEVROLET NIH , YG MANA LEBIH BERTENAGA YA. APAKAH HARGANYA LEBIH TINGGI DARI CAPTIVA ? ,PASTINYA TERSEDIA DUA MACAM TRANSMISI. TIDAK SEPERTI CAPTIVA YANG HANYA MATIC DOANG.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s