Orang terkaya di Asia bertambah

JAKARTA: Merefleksi dari dinamika yang terus berkembang, Asia ternyata mampu mencetak miliarder-miliarder baru yang mampu mengalahkan kekayaan bangsa lain, kecuali Eropa.
Saat ekonomi Rusia tengah berkembang pesat dan menghasilkan nilai kekayaan di atas rata-rata, berita terakhir yang berhasil dihimpun Forbes menunjukkan daftar orang terkaya terbaru yang mengejutkan.

Menurut 2007 Forbes Billionaires List yang berkedudukan di New York, Asia Pasifik menempatkan 160 miliarder, bertambah 45 orang sejak setahun terakhir.

Dalam siaran pers yang diterima Bisnis, AS hanya mencatat pertambahan miliarder 44 orang, Eropa sebanyak 46, Timur Tengah/Afrika 12, dan Amerika (di luar AS) enam orang.

Namun, secara keseluruhan miliarder di AS masih mendominasi dengan jumlah 415 orang, dari 946 miliarder di seluruh dunia yang tercatat tahun ini. Menyusul kemudian Eropa dengan jumlah 242 dan Asia di peringkat ketiga dengan 160 orang, Timur Tengah/Afrika 68, dan Amerika (di luar AS) 61 orang.

Bill Gates menempati peringkat pertama orang terkaya di dunia selama 13 tahun terakhir dengan kekayaan mencapai US$56 miliar. Dia diikuti oleh kawan dekat sekaligus seorang filantropi Warren Buffet yang menempati urutan kedua.

Orang terkaya di Asia lagi-lagi adalah Lakshmi Mittal dari India di urutan kelima, ada pula Li Ka-Shi yang berasal dari Hong Kong yang naik menempati urutan kesembilan.

Sejak dua dekade terakhir Jepang tidak lagi menempati urutan pertama jumlah orang terkaya se-Asia. India memimpin dengan jumlah 36 orang, disusul Jepang sebanyak 24, Hong Kong 21, China 20, Australia 12, dan Korea 10 orang.

Orang terkaya di dunia dari Jepang pada 1987 adalah Yoshiaki Tsutsumi yang saat ini sudah keluar dari daftar ini. Empat orang kaya asal Asia yang masuk dalam daftar 20 orang terkaya di dunia ini adalah Lakshmi Mittal dari India, Li Ka-shing dari Hong Kong, Mukesh Ambani (14), dan saudara laki-lakiya Anil Ambani (18) dari India.

Beberapa nama baru yang masuk dalam daftar ini adalah seorang pengusaha perempuan bernama Yan Cheung (390) dari Nine Dragon Paper Co yang merupakan orang terkaya di Cina.

Ada pula Chief Starbuck Howard Schultz (840) dan Co-executive of Research in Motion Kanada (pembuat Blackberry) Mike Lazaridis (583), dan Jim Balsillie (618).

Dua bersaudara asal India Mukesh (14) dan Anil (18) Ambani, telah mengubah takdir mereka sepanjang 2005 karena berhasil meningkatkan ranking dari peringkat ke-56 dan ke-104 di tahun lalu.

Sebanyak 60% orang kaya ini merupakan pengusaha dan 10 di antaranya adalah perempuan. Miliarder yang berhasil meningkatkan kekayaan paling besar di dunia selama hampir satu dekade adalah pengusaha bidang telekomunikasi asal Meksiko Carlos Slim Helu (ketiga). (wulandari@ bisnis.co.id)

Oleh Th. D. Wulandari
Bisnis Indonesia

13 thoughts on “Orang terkaya di Asia bertambah

  1. Yedida Yuliana

    Dengan adanya orang terkaya di Asia bertambah, maka itu sangat membantu perekonomian negara. Akan tetapi, bukankan jauh lebih baik juga apabila, orang-orang terkaya tersebut dapat membantu orang-orang yang tidak/kurang mampu. Contohnya : membantu menyalurkan dana bagi anak-anak terlantar yang tidak mempunyai tempat tinggal dan pendidikan. Saya secara pribadi sangat rindu untuk dapat membantu mereka, menyediakan tempat tinggal dan memberikan pendidikan yang layak untuk mereka. Akan tetapi yang menjadi masalah buat saya adalah saya tidak cukup dana untuk itu. Padahal ini adalah cita-cita saya sejak dari kecil untuk dapat membantu mereka, dan janji saya kepada mama saya untuk menyenangkan hati mama saya karena mama saya seorang yang sangat peduli akan anak-anak terlantar tapi sayang, mama saya belum sempat membangun tempat tinggal untuk anank-anak terlantar sudah dipanggil Tuhan ke Surga. Saya harap ada orang-orang yang kaya/mampu juga peduli akan nasip anak-anak terlantar tersebut. Dan saya harap angan-angan/impian/harapan/cita-cita saya ini dapat terwujud. Dan harapan saya apa bila ada diantara orang-orang terkaya tersebut bersedia menjadi donatur untuk itu, mohon disampaikan kepada saya dan dapat menghubungi saya.

    Reply
  2. Yedida Yuliana

    Dengan adanya orang terkaya di Asia bertambah, maka itu sangat membantu perekonomian negara. Akan tetapi, bukankan jauh lebih baik juga apabila, orang-orang terkaya tersebut dapat membantu orang-orang yang tidak/kurang mampu. Contohnya : membantu menyalurkan dana bagi anak-anak terlantar yang tidak mempunyai tempat tinggal dan pendidikan. Saya secara pribadi sangat rindu untuk dapat membantu mereka, menyediakan tempat tinggal dan memberikan pendidikan yang layak untuk mereka. Akan tetapi yang menjadi masalah buat saya adalah saya tidak cukup dana untuk itu. Padahal ini adalah cita-cita saya sejak dari kecil untuk dapat membantu mereka, dan janji saya kepada mama saya untuk menyenangkan hati mama saya karena mama saya seorang yang sangat peduli akan anak-anak terlantar tapi sayang, mama saya belum sempat membangun tempat tinggal untuk anank-anak terlantar sudah dipanggil Tuhan ke Surga. Saya harap ada orang-orang yang kaya/mampu juga peduli akan nasip anak-anak terlantar tersebut. Dan saya harap angan-angan/impian/harapan/cita-cita saya ini dapat terwujud. Dan harapan saya apa bila ada diantara orang-orang terkaya tersebut bersedia menjadi donatur untuk itu, mohon disampaikan kepada saya dan dapat menghubungi saya. Hp : 081575388209

    Reply
  3. Feity

    Baguslah…… mereka- mereka ini adalah orang- orang yang patut kita contohi dan kita ikut cara-cara bagaimana menggapai sebuah kehidupan yang bahagia. Memang menjadi orang terkaya di dunia hidupnya bahagia tp dengan menggapainya tidaklah mudah seperti apa yang kita duga, kita pikirkan. Melainkan, menjadi orang seperti mereka butuh pengorbanan waktu untuk banyak belajar, tenaga, serta pikiran bagaimana kita memanajemen waktu kita untuk menjadi orang seperti mereka. Lebih bagus lagi kalau bertambah orang – orang seperti mereka karena akan berkurangnya orang-orang yang kurang mampu. Sehingga setiap negara akan maju kehidupan orang- orang tersebut.

    Reply
  4. Ferdian

    Yang jelas, tetap optimis dan teruslah berusaha supaya kita bisa seperti mereka. Kalau bisa berpikirlah lebih, untuk bisa menjadi yang terkaya.
    hehehehe…………..

    Reply
  5. Siti barokah mawaddah wa rahmah muslimah mukminah kamilah syarifah amalia zarqa zaytuna kurma falistin binti hajjah laylatul qodri khoirun min alfi syahr

    Kalau saya jadi orang terkaya sedunia,saya akan tasyakuran besar besaran,bersodaqoh kepada fakir miskin,membangun masjid di berbagai tempat,membangun seribu panti asuhan gratis,mengurangi pengangguran,menyediakan seribu beasiswa,mencetak masyarakt yg enterpreneur dengan kuliah gratis,yg ahli IT,cerdas,dll…stelah itu,,aku buat hotel berbintang 5 dgn 100 lantai,mengoleksi mobil bmw,mercy,lamborghini,porsche,ferrari,bemo,becak,ontel,,,he he he hi hi ,indah banget, ,trus masuk surga,,wkkwkek….cihui enaknya berkhayal

    Reply
  6. yg tdk d perhatikan

    indonesia adalah penghasil kelapa sawit terbesar ,tp mngapa indonesia td msk daftar terkaya di dunia ? cb bayangi aja skrng hrg minyak mentah semakin naik , sdng arab negara penghasil minyak bs masuk dftr negara terkaya klw d bdngi dgn hasil minyak kelapa sawit yg di indonesia jelas jau tebih banyak indonesia tetapi karna di indonesia banyak tikus god (koruptor kurang ajar) makanya hasil nya td nampak
    pak presiden klw bisa yg kkn langsung d hukum mati aja biar yg lain nya kapok, cb bayangi gara2 ide satu orng yg lain ikut susa,drpd itu uang di makan sendiri lbh di gunakan untuk buka lapangan kerja untuk yg pengangguran biar tindak kriminal brkrng di INDONESIA

    Reply
  7. arif

    kok nggak ada yah daftar urutan orang termiskin di dunia ?, umur 27 thun dah jadi miliarder sdankn sya udah 35 tahun cman 400.rbu perbulan bersih. mbecaaaaaaaaaak mbecaaaaaaaakkk !!!. tapi jangan remehkan biarpun tukang becak tapi aku bisa internetan lho…………!!!!!! nmaku arif

    Reply
  8. rioh

    mhmm,,,,mau ngasih komentar nya jadi bingung..kekayaan di dunia kan??? belum tentu di akherat nanti kayak juga kan?? so buat kita yang belum menjadi kaya apalagi menjadi terkaya sedunia, jangan khawatir, selama kita masih hidup pasti kita terus melakukan banyak hal untuk mencapai tujuan kesana, tapi perlu di ingat, mereka gak abadi…saat kita meninggal kelak, harta yang sudah di pupuk akan kita tinggalkan ….semangaaaaaaaaaaaaaaaat

    Reply
  9. miemie

    Dengan bertambahnya orang kaya, orang miskin makin nambah juga dunk, seandaenya z orang kaya i2 mo bagi2 hartanya buat si miskin, spy gk da yg melarat, harta mreka tu gk bklan habis juga kan 7 turunan, hmmm….

    Reply
  10. budi syaputra

    meskipun aku tak memiliki harta yg bnyk, tp aq slalu brusha mnjd org kaya,yaitu orang yang hatinya bersih……….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s