Kenali kepribadian anak

Setiap anak dilahirkan dengan keunikannya sendiri. Namun, tidak semua orangtua paham benar dengan perkembangan anak-anak mereka. Kemajuan zaman, pengaruh lingkungan, efek tayangan televisi, dan pola pergaulan di sekolah, cukup membuat para orangtua tidak mengenal lebih jauh perkembangan anak-anak mereka.

Kesibukan orangtua pun memberi andil dalam perkembangan mental anak-anak yang tengah mencari jati diri menuju tahapan kedewasaan.

Sejak tiga tahun terakhir, marak diperkenalkan metode terapi psikologi perpaduan terapi tradisional China dan Ayurveda dari India yang digabungkan dengan prinsip ilmu kedokteran dan psikiatri modern.

Terapi tersebut dikenal dengan BEST, singkatan dari basic emotional structuring test atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti tes struktur emosi dasar.

Tes yang diciptakan oleh seorang dokter spesialis psikiatri dari Indonesia, Hallym Calehr, pada 1972 ini merupakan bentuk alat diagnostik, terapi, sekaligus prevensi yang mampu mendeteksi kondisi psikologi anak.

Melalui BEST Calehr mampu memetakan keterkaitan antara tubuh, pikiran, emosi, dan jiwa manusia dengan menggunakan dasar-dasar psikoanalisis Sigmun Freud yang dilengkapi dengan filosofi Tao, yaitu dikotomi yin-yang (Maya-Maha Sakhti dalam Ayurveda) dan dinamika lima unsur alam (U Sing).

Demikian juga dengan pengenalan kondisi psikologi anak yang tidak semua orangtua mengenal betul bagaimana keseimbangan tubuh, pikiran, emosi, dan jiwanya.

“BEST memiliki istilah padanan psycopuncture yang akan menuntun seseorang mengenal diri sendiri dan mencapai keseimbangan fisik, mental, emosional, dan jiwa,” ujar Calehr dalam paparannya di Puan Jakarta Boutique Clinic.

Tidak sulit melakukan tes terapi pengenalan kondisi psikologi anak ini. Karena Calehr telah menggabungkan semua ilmu yang dia pelajari selama berpuluh-puluh tahun ini dalam bentuk 10 boneka BEST.

Ekspresi manusia

Boneka itu mewakili 10 ekspresi wajah manusia (dexa-physiognogram). Masing-masing boneka mewakili emosi dasar manusia (dexa-emotionogram) dalam kombinasi 10 warna dasar aura manusia (dexa-aurogram).

Boneka emosi tersebut juga dikaitkan dengan dinamika lima unsur alam dan organ yang mempengaruhinya. Konsep ini mengacu pada konsep pengobatan China.

Prosedur tes juga tidak membutuhkan waktu tidak lama, sekitar lima menit pertama untuk pemilihan boneka oleh anak yang akan di tes, ditambah 20 menit untuk interpretasi dari boneka yang dipilih.

Anak yang di tes akan memilih secara spontan dua boneka masing-masing satu boneka yang paling disukainya (simpati) dan yang paling tidak disukainya (antipati).

Kedua boneka itu akan diletakkan masing-masing boneka simpati di sebelah tangan kanan dan antipati di sebelah kiri. Kedua boneka itu akan menterjemahkan kondisi psikologi anak, termasuk di dalamnya bagaimana sejatinya hubungan sang anak dengan orangtuanya. “Dari boneka itu bisa dilihat bagaimana perasaan anak terhadap ibu dan bapaknya, sekaligus bagaimana cara menghadapi si anak dilihat dari sifat dan watak emosinya,” ujar Calehr.

Untuk membuat interpretasi diperlukan pengetahuan dasar mengenai dikotomi relativitas yin dan yang, dinamika lima unsur, dan lima bangunan ego. Boneka pilihan simpati adalah cerminan ego ideal, sedangkan antipati mengungkapkan ego original. Dari kedua pola ego itu akan dideteksi proyeksi ego-ego lain, masing-masing id, superego, dan sub-ego.

Dari situ akan terjadi dialog antara anak dan praktisi BEST, sehingga akan diketahui bagaimana kondisi psikologis anak pada masa pembentukan oedipus-nya (usia 4-6 tahun) terhadap superego kedua orang tuanya.

“Dalam banyak kasus fakta bagaimana hubungan antara orang tua dan anak akan terungkap sampai sang anak menjalani tes ini,” ujar Calehr. (wulandari@bisnis.co.id)

Th. D. Wulandari
Bisnis Indonesia

11 thoughts on “Kenali kepribadian anak

  1. fitri wulandari

    Tes ini sepertinya memang mampu untuk mempelajari kepribadian anak tapi terkadang kepribadian anak dapat berubah sesuai dengan perkenbangannya bahkan di umur 6 tahun kepribadian ini dapat berubah berbeda dari awal mungkin di kala anak itu berumur 3-4 tahun. apakah ini karena perubahan hubungan anak dengan orangtua yang menganggap anak sudah besar atau memang ketika umur 4 tahun kepribadiannya belun terlihat?

    Reply
  2. nurul

    sepertinya tes seperti ini cocok dilakukan untuk anak-anak. tapi terkadang kita sebagai orang tua juga kurang dapat memahami keinginan anak. apalagi dengan ekspresi boneka???
    kayaknya, tes ini kurang mengena juga ya…

    Reply
  3. aan

    apa ciri-ciri dan bagaimana parameternya untuk mengetes BEST anak kita yang usia anak laki-laki 5 th,apakah anak laki cocok dengan boneka? mohon pencerahannya.
    Thanks

    Reply
  4. Kania,

    Dimana saya bisa melakukan tes BEST ini dan berapa biaya yang dikenakan untuk tes ini. kebetulan saya tinggal didaerah bogor utara,tepatnya diperumahan bilabong.

    Reply
  5. ahmad safruddin

    kelahiran saya di lamongan tepatnya di desa wonorejo, kec glagah kab Lamonagan.
    saya cuman mw berpesan kepada para pembaca:
    . bahwasannya kehidupan didunia ini adalah sementara maka jangan kalian melupakan tuhanmu. karena kelalaian awal dari kerusakan & jadilah ummat muhammad yang bisa dibanggakan oleh beliau
    sperti kata beliau sebaik-ummat itu yang bisa membuat kemanfaatan didunia dan Akhirat

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s