Honda Crossroad

Honda Crossroad front

Deman crossover jadi pandemi yang menyebar ke semua pusat-pusat pengembangan mobil diseluruh dunia. Dari Jepang, Honda Motor Co. mengumumkan kelahiran Crossroad, crossover yang menggabungkan disain dan fungsi SUV dengan kenyamanan dan kelegaan ruang mobil tiga baris kursi berkapasitas 7 penumpang. Crossroad hanya di jual di Jepang mulai 23 Februari.

Motif boxy pada disain eksterior mengalirkan kesan sosok kokoh, utuh dan kuat, sementara lengkungan pada center pillar dan jendela dirancang untuk mencapai kesan tegap dan kekar.Disain ekterior bagian depan memiliki sudut-sudut yang membuat terlihat pemberani dan mudah dikendalikan di ruang sempit.

Lampu kombinasi belakang dikerjakan dengan perhatian terhadap detail. Honda menawarkan 6 warna body termasuk warna baru Atlantic Blue-Gray Metallic. Panjang total crossover ini 4,285mm dengan radius putar 5.6 meter, salah satu yang terbaik di kelasnya. Sekilas, disain ekterior Crossroad membawa angan berlabuh di disain Hummer.

Interiornya dihiasi lekukan-lekukan di sekitar panel instrumen untuk menghadirkan atmosfir nyaman, asyik dipadukan motif kotak menciptakan kesan berkelas, bergaya urban. Tata letak inovatif Crossroad menghadirkan tiga baris kursi serbaguna. Warna interior ada dua yaitu Titanium Ivory and Black.

Sudut buka pintu belakang mencapai 80 derajad, memudahkan keluar masuk penumpang kursi baris kedua dan tiga. Kursi bisa mudah diatur-atur. Baris kedua bisa rebah dan geser, hanya dengan manarik tuas di bagian bahu sandaran kursi baris kedua. Ini juga memudahkan penumapang baris ketiga keluar masuk.

Crossroad menawarkan dua pilihan mesin 1.8 liter atau 2.0 liter i-VTEC yang mengkombinasikan kinerja kendara kecepatan rendah – sedang dengan tingkat konsumsi sangat irit. Mesin ini dipasangkan transmisi 5-speed matik. Mesin Crossroad dilengkapi DBW (Drive By Wire) menghasilkan kontrol katup throttle lebih optimum yang memberikan penghematan besar saat menjelajah.

Varian 4 WD dilengkapi Hill-Start Assist yang mempertahankan daya rem sesaat setelah pedal rem dilepas untuk stater mobil di lereng agar nyaman dan mudah dilakukan. Fitur ini bagian dari VSA (Vehicle Stability Assist). Real-Time 4WD beroperasi dengan penggerak roda depan pada kondisi normal, dan sontak mendistribusikan power secara optimal ke roda belakang saat akselerasi atau di jalan licin dan kondisi lain yang membutuhkan cengkraman roda maksimal.

Konsumsi bahan bakar Crossroad menuruh Honda adalah 13.8 km/liter.

Honda melengkapi Crossroad dengan IHCC (Intelligent Highway Cruise Control) yang mengontrol kecepatan dan jarak dengan mobil lain saat melaju di jalan tol. Collision Mitigation Brake System memberikan peringatan visual dan audio pada pengemudi agar waspada dan menghindari tubrukan dan jika terjadi tabrakan, membatu mengurangi dampak cidera. Seperti mobil Honda lain, Crossroad menggunakan teknologi Advanced Compatibility Engineering Body dan di disain untuk ramah terhadap pedestrian.

Nama Crossroad pernah dipakai Honda untuk SUV-nya di awal 90-an. Cuma waktu itu bukan buatan Honda tapi Land Rover Discovery Seri 1 yang ditempeli logo Honda dan dijual sebagai Honda Crossroad.

3 thoughts on “Honda Crossroad

  1. Umar

    Rabu 04-01-2012 di perempatan Rawa Lumbu Bekasi Barat di depan resto mPek-mpek gebi,saya lihat Honda Crossroad. Melihat sosoknya yang “ngotak” tidak keliru jika kita sebut dia si “Hummer Mungil”. Jujur naksir berat neh. pertanyaannya ialah:
    1.Mungkinkah si hummer mungil ini masuk ke Indonesia via ATPM
    2.Harga ?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s