Kisah pamungkas Harry Potter bakal terjual 14 juta kopi

JAKARTA: Harry Potter memang bocah yang paling terkenal dan dinanti-nanti di kolong jagat. Jutaan orang-tidak hanya anak-anak-dipastikan menunggu kehadiran bocah penyihir berkaca mata itu pada 21 Juli.

Sang pencipta tokoh rekaan itu, J.K. Rowling, memperkirakan edisi pamungkas dari novel Harry Potter bisa terjual sebanyak 14 juta di kawasan Inggris hanya pada hari pertama peluncurannya.

Kisah terakhir Harry Potter diberi judul Harry Potter and the Deathly Hallows.

Penerbit buku Scholastic Children’s Book dari Amerika Serikat juga memperkirakan akan memperoleh angka penjualan hingga jutaan dollar dari peluncuran buku tersebut.

Scholastic akan menawarkan edisi hardcover yang dijual di pasaran seharga US$34,99. Untuk edisi lux akan dijual dengan harga US$65, serta edisi khusus untuk disimpan di perpustakaan seharga US$33,99.

Selain itu, penerbit itu mengatakan bahwa para penggemar tampaknya harus rela harus menunggu di luar toko buku pada malam peluncurannya guna memenuhi rasa ingin tahu mereka atas nasib Harry Potter.

Pasalnya J.K. Rowling, pengarang Inggris yang menulis buku tersebut, telah menegaskan bahwa dirinya akan mematikan dua tokoh cerita dalam seri terakhir buku karangannya.

Banyak penggemar novel tersebut mengkhawatirkan bocah penyihir itulah akan menjadi korbannya pada hari terakhir di sekolah Hogwart.

Bloomsbury, pihak penerbit seri itu, mengatakan bahwa seri ketujuh Harry Potter ini akan hadir untuk anak-anak dan dewasa dengan kemasan hardcover, lengkap dengan kado istimewa, dan buku audio yang diluncurkan pada hari yang sama.

Perkiraan yang wah juga disampaikan oleh toko buku Waterstone. Perusahaan itu memperkirakan sekitar setengah juta kopi akan terjual pada hari pertama penjualan.

“Ini tak hanya akan menjadi buku terlaris, tetapi juga akan memecahkan rekor sebagai buku yang cepat terjual sepanjang masa,” ujar Wayne Winstone, manajer toko bagian buku anak-anak, seperti dikutip dari Antara.

Dalam kesempatan itu, pihak Bloomsbury juga menambahkan bahwa peluncuran seri terbaru Harry Potter sekaligus ajang perayaan kesuksesannya menjalankan bisnis penerbitan selama 10 tahun dengan Harry Potter sebagai fenomena kesuksesannya.

325 Juta kopi

Bloomsbury mengatakan secara total novel Harry Potter telah terjual sebanyak 325 juta kopi di seluruh dunia dan telah diterjemahkan dalam 64 bahasa.

Seri terakhir (keenam) berjudul Harry Potter and the Half-Blood Prince terjual 2.009.574 kopi di kawasan Inggris pada hari pertama peluncurannya.

Angka penjualannya ini memberikan keuntungan besar bagi perusahaan penerbitan yang telah tercatat di London Stock Exchange ini. Bahkan harga saham Bloomsbury naik 2,2% menjadi US$4,40 semenjak pengumuman rencana penerbitan ini.

Beberapa judul seri Harry Potter yang sudah dirilis adalah Harry Potter and the Philosopher’s Stone, Harry Potter and the Chamber of Secrets, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, Harry Potter and the Goblet of Fire, Harry Potter and the Order of the Phoenix, dan Harry Potter and the Half-Blood Prince.

Empat buku pertamanya telah berhasil dilayarlebarkan dan tercatat sebagai salah satu film terlaris dengan Daniel Radcliff berperan sebagai bocah penyihir Harry Potter.

Akibat kesuksesan Harry Potter, sang penulis J.K. Rowling tercatat memiliki kekayaan hingga US$1 miliar. Kekayaan ini menempatkan dirinya sebagai orang pertama yang menjadi miliarder dari menulis buku. (Antara/AP) (wulandari@bisnis.co.id)

Oleh Th.D.Wulandari
Bisnis Indonesia

4 thoughts on “Kisah pamungkas Harry Potter bakal terjual 14 juta kopi

  1. alleno

    em … uda ga sabar bgt ma harry potter buku ke 7nya …
    uda penasaran bgt …..
    hix hix …
    qra2 yang mati sapa ya ?

    Reply
  2. Hyo Moeslem

    Wah muda-mudahan aja ini bukan strategi pasar supaya mbak Rowling tambah kaya.Dikatakan seri terakhir tapi ….eh nanti ada seri lanjutannya ^_^.Btw novelnya memang buaguss…(musti nabung nehh)

    Reply
  3. dewa

    kapaaaaaaaaaaaaaaaaaaan………………………………………..neh……….dah ga kuat gw………pokoknya mesti cepet ya…….coz gw dah ga sabar lagi…………sapapun yang mati gw ga ikhlas coz jd the end seh, coba diterusin, tambah nunggak uang semesteran gw……:)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s