‘Segmen medium SUV akan berkembang pesat’

JAKARTA: Tahun telah berganti. Pelaku di industri otomotif nasional umumnya menyatakan optimistis bahwa tahun ini lebih baik dibandingkan dengan 2006. Untuk meneropong pasar mobil tahun ini, Bisnis mewawancarai Johnny Darmawan, Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM), pemimpin pasar yang tahun lalu mendominasi dengan pangsa 39%.

Berikut petikannya:

Secara keseluruhan, berapa perkiraan Anda atas penjualan mobil tahun ini?

Kami perkirakan 380.000 unit hingga 400.000 unit. Dengan melihat kondisi makro ekonomi dan tren yang ada di pasar saat ini kira-kira segitu angka yang akan dicapai tahun ini. Memang belum semuanya memuaskan, tapi kecenderungan pasar akan membaik sudah terlihat.

Berapa target Toyota tahun ini?

Kami tahun ini (2006) terlalu unusual dengan meraih 39% pangsa pasar. Idealnya pangsa pasar Toyota di Indonesia berada di 34%-35%.

Secara umum segmen apa yang akan dominan tahun ini?

Tetap mobil MPV (multi purpose vehicle). Ini tidak akan berubah. Pangsa pasarnya bisa mencapai 60% sampai 70% tahun ini. Makanya saya katakan ke pemerintah agar sistem kategorisasi kendaraan 4×2 di Tanah Air jangan dirombak. Tadinya mau dirombak menjadi hanya kendaraan passenger dan commercial. Untung tidak dilakukan. Kita ada tiga kategori saat ini, yaitu commercial, 4×2, dan passenger.

Pertumbuhan pasar otomotif tahun ini diperkirakan terjadi pada kuartal berapa?

Tren itu bisa kita lihat pada kuartal I. Namun, saya kira pertumbuhan pasar akan terjadi sesudah kuartal I. Biasanya pada bulan-bulan awal, perusahaan akan mengkoreksi dulu kinerja pada tahun lalu. Februari mungkin akan membaik tapi hari kerja sedikit. Jadi mungkin pertumbuhan baru akan terlihat mulai Maret.

Jika dirinci, segmen MPV jenis apa yang akan membesar pasarnya tahun ini?

Segmen 4×2 low, di mana ada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di sana. Kendaraan inilah yang saat ini cocok dengan selera keluarga Indonesia.

Bagaimana dengan prospek pasar medium SUV?

Segmen ini tadinya [tahun lalu] rerata hanya berkisar 1.500-2.000 unit per bulan dengan pemain utama seperti Daihatsu Taruna dan Honda CRV. Saya yakin segmen medium SUV ini akan berkembang pesat setelah Toyota Rush dan Daihatsu Terios masuk.

Toyota punya target 1.000 unit per bulan, begitu pula Daihatsu Terios juga 1.000 unit sebulan. Semestinya pasar akan berkembang karena ada paksaan dari model mobil baru yang masuk. Sebuah segmen akan bergerak karena paksaan produk dan strategi harga oleh ATPM. Contohnya, di segmen MPV.

Dulu yang paling banyak diminati konsumen adalah model-model di segmen medium. Tapi ternyata dengan adanya Avanza dan Xenia, MPV low ternyata memiliki pasar yang lebih besar. Dulu pasar sangat segmented, tapi sekarang ada dua faktor yang menentukan bagi pasar yakni pricing (harga) dan pergerakan segmen.

Dengan adanya Toyota Rush dan Daihatsu Terios, berapa kira-kira angka penjualan di segmen medium SUV?

Kami perkirakan akan bergerak ke angka 2.500 unit hingga 3.000 unit per bulan. Kami menargetkan 1.000 unit Toyota Rush dan Daihatsu juga 1.000 unit Terios. Kita lihat nanti realisasinya di lapangan.

Jika dibandingkan antara medium SUV dan medium MPV, mana yang akan lebih besar tahun ini?

Tentu masih besar pasar medium MPV. Kijang kan masih bisa di atas 3.000 unit sebulan, belum merek lain. Bagaimana pun MPV tetap akan mendominasi pasar apalagi jika ditambah dengan yang kategori low. Di sana ada Avanza dengan penjualan sekitar 5.000 unit sebulan dan Xenia 3.000-an sebulan. Jadi kalau ditotal tetap segmen MPV memang tetap yang paling besar.

Bank Indonesia membuka lembaran 2007 dengan menurunkan suku bunga acuan menjadi 9,50%. Apakah langkah ini benar-benar bisa berdampak signifikan terhadap pasar otomotif?

Begitu penurunan BI Rate diumumkan, dampaknya baru terasa dua atau tiga bulan berikutnya. Jika pemerintah berani mematok 9% atau kurang dari 9%, kami yakin pasar akan berkembang pesat tahun ini.

Berapa suku bunga ideal bagi pasar mobil nasional?

Jika ditanya ideal ya sebaiknya kembali 8%-7%. Tapi menuju ke sana memang agak sulit. Perkiraan saya tahun ini mungkin baru bisa mencapai 8,5%-9%. Kami sadari pemerintah juga tidak bisa memaksa BI untuk menurunkan suku bunga, karena exchange rate juga akan terancam.

Apa saja model mobil baru yang dirilis Toyota tahun ini?

Nanti kami umumkan. Anda tunggu saja kejutan-kejutannya nanti.

Pewawancara: Ahmad Muhibbuddin
Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s