Manuver Hugo Chavez

Presiden Venezuela Hugo Chavez-figur orang kuat modern Amerika Latin-tampaknya masih belum puas hanya mengendalikan politik dan militer di negerinya. Kini dia meningkatkan kendalinya terhadap perekonomian Venezuela. Ini merupakan berita buruk bagi investor asing, namun lebih buruk lagi dialami oleh masyarakat Venezuela karena mereka harus membayar harga untuk kekacauan ekonomi dengan meningkatnya inefisiensi dan korupsi. Chavez pekan ini mengumumkan bahwa dia akan melakukan nasionalisasi perusahaan listrik dan telekomunikasi. Perusahaan telekomunikasi terbesar di Venezuela sebagian dimiliki Verizon Communication, sedangkan pemegang saham lainnya adalah AES Corp, AS.

Chavez juga menegaskan niatnya untuk mengendalikan empat proyek minyak senilai miliaran dolar AS, dengan investasi dari perusahaan asing. Kendali oleh pemerintah merupakan langkah efisiensi guna menggerakkan perusahaan. Dan nasionalisasi bukan cara yang baik untuk mendorong masuknya investasi asing di masa datang.

Presiden Venezuela tersebut telah menerapkan pola kendali oleh pemerintah terhadap perusahaan minyak yang dibiayai oleh para kroni-kroninya untuk mendapatkan keuntungan atas proyek sumber alam yang sangat menjanjikan tersebut. Namun bentuk dari nasionalisasi itu sendiri hingga kini masih belum jelas.

  • International Herald Tribune, 11 Januari
  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s