BK minta bukti soal Agung

JAKARTA: Badan Kehormatan (BK) DPR tidak akan memanggil Ketua DPR Agung Laksono jika bukti otentik yang menunjukkan adanya pelanggaran tidak bisa dihadirkan pihak pengadu. Ketua BK Slamet Effendi Yusuf mengatakan BK meminta kepada pihak pengadu, yaitu Sekretariat Bersama Pokja Petisi 50, Tewas Orba, GRB dan HMI-MPO, untuk mengajukan bukti-bukti otentik untuk setiap pelanggaran yang dituduhkan, dan tidak sekadar mengandalkan informasi media. “Selama tidak ada fakta, pemanggilan Agung tidak bisa dilakukan,” ujarnya di Gedung MPR/DPR, Jakarta, kemarin.

Sebelumnya, BK menerima perwakilan kelompok masyarakat yang mengadukan berbagai pelanggaran yang dilakukan Wakil Ketua DPP Partai Golkar itu.

Dalam berkas pengaduannya, kelompok ini menyebut Agung telah melakukan sikap dan perilaku politik yang dianggap tidak pantas dilakukan seorang petinggi negara.

Tuduhan tersebut a.l. Agung dianggap tak mampu membedakan posisi sebagai pejabat negara, pimpinan partai politik, pengusaha, dan ketua ormas dalam berbagai kegiatan kunjungan, melakukan kebohongan publik terkait posisinya di maskapai Adam Air dan kegiatan Safari Ramadan, serta kerap melontarkan pernyataan pribadi yang mengatasnamakan Ketua DPR.

Judilherry Justam, koordinator kelompok tersebut, mengaku telah membawa bukti-bukti lengkap. Bahkan, dirinya juga mengaku membawa rekaman-rekaman peristiwa sebagai bukti terjadinya pelanggaran.

Namun, sebagaimana dibacakan oleh Judilherry, bukti-bukti pelanggaran didominasi informasi yang dirangkum dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik.

Slamet mengatakan sumber semacam itu tak layak dijadikan bukti pelanggaran. (02)

Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s