TANGERANG-DEPOK PUN MEMBERLAKUKAN LAJUR KIRI SEPEDA MOTOR

Metrotvnews.com, Tangerang: Satuan Lalulintas Kepolisian Resor Metro Tangerang dan Depok hari ini memberlakukan aturan lajur kiri khusus untuk pengendara sepeda motor dan angkutan umum. Tidak lupa, kewajiban menyalakan lampu bagi pengendara sepeda motor juga diberlakukan di dua wilayah tersebut.

Di Tangerang, Banten, pemberlakuan kiri untuk sepeda motor dan angkutan umum ini diberlakukan di Jalan M.H. Thamrin, Cikokol sejak pukul 06.00 WIB. Di sepanjang jalan itu sudah disediakan separator, khusus bagi sepeda motor dan angkutan umum. Namun, berdasarkan pemantauan Metro TV, Senin (8/1), masih banyak yang melanggar dan masuk ke jalur cepat.

Dari operasi yang dilakukan petugas hari ini, sebanyak 250 lembar surat tilang dikeluarkan. Kebanyakan mereka melanggar jalur kiri untuk sepeda motor dan angkutan umum. Sementara aturan menyalakan lampu di siang hari bagi pengendara sepeda motor juga masih banyak dilanggar. Untuk yang ini, polisi baru memberi peringatan dan tidak menilang. Rencananya, mulai Selasa besok, polisi akan melakukan sidang di tempat bagi para pelanggar.

Penindakan terhadap pelanggaran aturan khusus bagi pengendara sepeda motor juga berlangsung di Depok, Jawa Barat. Aturan ini mulai diberlakukan setelah satu bulan terakhir polisi terus mensosialisasikan aturan jalur kiri khusus untuk pengendara sepeda motor dan kewajiban menyalakan lampu sepeda motor di siang hari.

Dalam operasi yang digelar pagi tadi di sejumlah ruas jalan utama di Depok, polisi menilang sedikitnya 30 pengendara sepeda motor yang melanggar ketentuan baru tersebut. Selain pengendara yang tidak menyalakan lampu atau menggunakan lajur kiri, polisi juga menilang sekitar 90 pengendara sepeda motor yang melanggar ketentuan lainnya. Sejumlah pengendara mengaku masih kebingungan karena belum ada rambu-rambu atau marka jalan yang terkait aturan baru itu. Selain ditilang, para pengendara yang melanggar ketentuan ini dikenakan denda sebesar Rp 35 ribu yang akan dibayarkan ke Pengadilan Negeri Depok.(DEN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s