Jaguar C-FX concept

jaguar4.jpg(05/01/2007) – Setelah S-Type, Jaguar gagal melahirkan model baru yang menghentak. Berkali-kali model konsepnya diperkenalkan dan meraih simpati audien, namun gagal mendapat lampu hijau untuk masuk rel produksi. Di pameran mobil Detroit, Jaguar kembali memperkenalkan model konsep baru, kali ini dengan harapan lebih besar karena prototype produksinya sudah terekam di spy photo.

Mobil konsep Jaguar C-FX memberi isyarat terbitnya era baru untuk Jaguar. Sport saloon empat pintu dengan disain yang mengaduk kemurnian karakter Jaguar dengan kedinamisan. Jaguar ingin menunjukkan seperti inilah kelak arah disain generasi mendatang.

Tahun lalu, Jaguar XK GT mendapat banyak pujian dan penghargaan. Tim disainya dipimpin Director of Design Ian Callum dan Head of Advance Design Julian Thomson. Tim inilah yang yang mendapat tugas menciptakan C-XF.

Managing Director Jaguar, Bibiana Boerio menjanjikan, Jaguar baru haruslah indah, kencang, glamour dan tak terlupakan.

Tim disain C-FX mendapat inspirasi dari model-model terbaik hasil karya Sir William Lyons, founder Jaguar, termasuk 1950 Mark VII dan 1959 Mark 2 saloon. Garis-garis indahnya banyak dipengaruhi masa-masa kejayaan Jaguar di arena sport, termasuk XK120.

Jaguar menciptakan C-XF sebagai peformance-oriented sport saloon yang praktis digunakan sehari-hari dan mampu mengakomodasi empat orang dengan kenyamanan maksimal.

Atletis

Yang mencolok dari C-XF adalah grille yang besar dan agresif dengan warna chrome hitam. Dibenamkan ke body dan tidak sekedar menempel di permukaan seperti yang lain. Penempatan seperti ini mirip air intake untuk mesin jet pesawat.

Lampu utama tampil langsing dengan lekukan eksotis, menyempit dan bersudut. Dari sinilah profil agresif model ini mencuat. Diantara dua lampu ada lintasan cahaya biru yang mengingatkan pada mata seekor kucing ketika di sinari. Dari moncong bergerak ke belakang, shoulder line bergerak tanpa putus hingga ke roda belakang. Garis-garis sporty dipertegas dengan bonnet berotot dan side power vent dengan warna putih keramik.Dibagian belakang C-XF menampilkan lekukan-lekukan indah dengan kesan modern. Kesan lebar dan kuat terpancar.

Interiornya di puji sebagai salah satu dari interior terbaik Jaguar. Kursinya mewah dan nyaman seperti laiknya mobil mewah, tapi yang spesial adalah kursi ini dirancang untuk peformance car dengan bobot ringan, bucket style dengan lekukan-lekukan yang menyedot punggung. Dibungkus dengan semi-aniline leather yang lembut. Bila biasanya mobil sport memiliki dua bucket seat, Jaguar ada empat.

Audio terbaik

Diantara dua kursi adalah transmission tunnel yang tinggi sehingga menggesankan penumpang tenggelam dalam cockpit futuristik. Ini jadi kunci menciptakan sensasi bahwa penumpang Jaguar terbungkus didalam mobil dan bukan sekedar duduk di dalamnya.

Mobil ini dirancang agar pengemudinya bisa rileks dan penumpang lainnya bisa nyaman menikmati pengalaman mendengarkan audio dengan kualitas tertinggi. Serangkaian honeycomb speaker mengelilingi interior. Dirancang Jaguar dan diciptakan produsen loudspeaker Inggris terkenal Bowers dan Wilkin yang menggunakan material mahal seperti kevlar dan berlian untuk mendapat kualitas tertinggi. Sebuah tren yang dimulai mobil-mobil sport Jerman.

Dibalik bonnet C-XF tersimpan mesin 4.2 liter supercharged V8 yang memproduksi 420hp dan torsi 500Nm yang dibangkitkan diputaran rendah. Mesin ini dipasangkan dengan transmisisi automatic 6-speed dengan Jaguar Sequential Shift yang bisa memindahkan gigi secara manual untuk menghadirkan peforma sport maksimal. Potensi top speed adalah 180mph dan bila nantinya diproduksi akan dibatasi hingga 155mph.

Bicara soal produksi, prototipe model ini dikabarkan sedang menjalani pengujian. Jadi tunggu saja kabar selanjutnya dari Jaguar.

5 thoughts on “Jaguar C-FX concept

  1. Pingback: fani webpage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s