DPW PBR DKI Tuntut Pemecatan Zaenal Ma’arif

JAKARTA–MIOL: Dewan Pimpinan Wilayah Partai Bintang Reformasi Provinsi DKI Jakarta mendesak DPP PBR segera memecat keanggotaan Zaenal Maarif di PBR menyusul pernyataan Zaenal yang berencana membentuk PBR tandingan.

Sekretaris DPW PBR DKI Jakarta, Zainudin di Jakarta, Senin (8/1) mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat ke DPP PBR berisi desakan DPW PBR DKI Jakarta agar keanggotaan Zaenal Maarif segera dicabut karena dianggap telah melakukan pembangkangan.

“Dia memang pendiri PBR, tetapi tidak bisa semena-mena lantas mendirikan PBR di luar PBR yang dipimpin Burzah Zarnubi. Hal itu adalah bentuk pelanggaran konstitusi partai dan pembangkangan yang serius dan harus mendapat sanksi tegas,” katanya.

Zainudin mengatakan pernyataan Zaenal itu adalah emosional, tidak etis, berpotensi merusak citra PBR dalam pentas politik nasional, dan menunjukkan ketidakmatangan Zaenal dalam berpolitik.

“PBR di bawah kepemimpinan Bursah Zarnubi adalah sah karena merupakan produk Muktamar Islah PBR di Bali yang telah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM. Kalau dia bersikap sewenang-wenang seperti itu, tindakannya tidak menghormati keputusan Muktamar Islah PBR di Bali,” lanjutnya.

Sebelumnya, DPP PBR secara resmi menarik Zaenal Maarif dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR menyusul keputusan Zaenal melakukan poligami dengan Yenni Natalia Lodewijk beberapa hari lalu.

Keputusan itu ditetapkan melalui Rapat Pleno DPP PBR yang dipimpin Ketua Umum DPP PBR Bursah Zarnubi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PBR, Rusman Ali mengatakan poligami bukan satu-satunya penyebab Zainal Maarif ditarik dari unsur pimpinan di DPR namun juga pertimbangan kinerja yang buruk, tidak ada koordinasi ke DPP, dan enggan turun mengunjungi konstituennya di Sumatra Utara I.

Terkait keputusan DPP PBR itu Zaenal Maarif menyatakan akan melakukan perlawanan dengan membentuk kepengurusan DPP PBR di luar DPP PBR yang dipimpin Bursah Zarnubi.

Susunan kepengurusan tersebut akan diumumkan 10 Januari 2007 dimana dirinya akan menempati posisi Ketua Umum DPP PBR dan Ketua Dewan Syuro dipercayakan kepada pendiri PBR, KH Zainuddin MZ.

Zainuddin setelah memimpin PBR telah ditetapkan sebagai Ketua Dewan Syuro PBR versi Bursah Zarnubi hasil Muktamar PBR di Bali. Namun Zainuddin kemudian menyatakan tidak akan aktif di partai politik. Zaenal Maarif selama ini juga dikenal sebagai pendiri PBR.(Ant/OL-06)

One thought on “DPW PBR DKI Tuntut Pemecatan Zaenal Ma’arif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s