DPR Nilai Lumpur Sidoarjo Bencana Alam

JAKARTA–MIOL: Bencana banjir lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur dinilai DPR sebagai sebuah bencana alam. Hal itu diungkapkan ketua DPR Agung Laksono pada Rapat Paripurna DPR dengan agenda utama Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2006/2007 di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (8/1).

Agung juga mengharapkan masyarakat bersama kalangan DPR ikut memantau semua langkah yang ditempuh untuk mengatasi luapan lumpur yang telah terjadi sejak Mei 2006 tersebut.

“Di samping berbagai bencana alam, banjir dan musibah di bidang transportasi, sudah enam hingga tujuh bulan belakangan ini masyarakat Jawa Timur khususnya warga Sidoarjo mengalami musibah sebagai akibat semburan lumpur panas, yang belum juga dapat diatasi, bahkan makin mengkhawatirkan,” kata Agung.

Menghadapi masalah ini, kata Agung, Presiden telah memutuskan langkah yang cukup keras, khususnya berkaitan dengan solusi penanggulangan dampak semburan lumpur di Sidoarjo.

“Kepada Lapindo Brantas, Presiden meminta membayar santunan kompensasi dan ganti rugi tanah kepada masyarakat setempat dalam bentuk pembelian tanah, bangunan dan lahan pertanian sejumlah Rp2,5 triliun,” kata Agung.

Uang muka sebesar 20 persen harus dibayar awal Maret 2007. Biaya penanggulangan lumpur panas selama enam-tujuh bulan sebesar Rp1,3 triliun dipikul oleh PT Lapindo Brantas mulai dibayar sejak Mei 2006.

“Penanganan semburan lumpur panas Sidoarjo sebagai bencana alam hendaknya ditangani secara nasional,” katanya.

Karena itu, kata Agung, pembangunan dan perbaikan infrastruktur akan dipercepat melalui dana APBN. Dalam kurun waktu satu tahun, diharapkan perekonomian Jawa Timur dapat bergerak kembali dengan percepatan pembangunan infrastruktur antara lain, ruas jalan tol, rel kereta api, transmisi listrik, pipa gas, penguatan jalan arteri nasional.

Berkaitan dengan hal itu, Agung mengharapkan, masyarakat dan kalangan DPR dapat memantau semua langkah ini sebaik-baiknya. (Ant/OL-06)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s