Internet Macet !!

Gempa di taiwan mengguncang penggila internet di Indonesia dan juga belahan dunia lainnya. 4 jalur internet utama yg menggunakan fiber optic putus diguncang oleh gempa di bawah laut.

Dirjen Postel bahkan sampai meminta maaf ke rakyat Indonesia akibat macetnya jalur internet ini dan semua operator dipanggil mendadak untuk mencari solusinya.

Akhirnya pemerintah dgn cepat mengambil solusi untuk mengijinkan penyedia internet untuk menggunakan satelit asing. “Apa yg bisa dilakukan pemerintah sangat terbatas. Kita memberi ijin agar penyedia IT bisa menggunakan satelit asing. Jadi apa yg namanya landing point satelit asing kita buka dulu untuk sementara waktu, ” kata Menkominfo Sofyan Djalil di Jakarta, Kamis (28/12/2006).

Namun ini bersifat sementara, dan apabila jalur optik sdh normal kembali maka penggunaan satelit kembali ssi ketentuan yang berlaku, yaitu harus punya landing right. Demikian Sofyan Djalil menambahkan.

Yang menarik, ternyata internet sebagai dogma terbesar abad 21 ini ternyata menyimpan potensi yg sangat luar biasa. Baik itu potensi budaya, dengan begitu banyaknya manusia di muka bumi yang berinteraksi dengan internet, sehingga macetnya bisa demikian menyusahkan. Atapun juga potensi bahaya, mengingat begitu mudahnya jalur global ini macet .. cet … mandek … dgn putusnya jalur utama.

Jadi sepertinya pertumbuhan potensi internet ini  akan terus berkembang, termasuk sistem backup yang terbukti belum optimal dgn kejadian di akhir tahun 2006 ini.

Dan hebatnya lagi, ternyata pemerintah bergerak dgn sangat cepat, menemukan solusi dan gw bisa nge-blog lagi. Hmmm … hmmm …. contoh menarik nih, mudah-mudahan hal-hal yang bersifat fundamental bisa juga disolusi secara cepat juga. Dan ternyata nyambung juga dgn statement SBY untuk lebih cepat, tegas, terbuka, tidak ada dusta diantara kita ….

Kita tunggu aksi-aksi real selanjutnya ….

Fery I.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s