Secara Global 2006, Industri Semikonduktor Meningkat 11,3 Persen

Minggu , 24/12/2006 10:14 WIB

Ardhi Suryadhi – detikInet

Jakarta, Hasil riset Gartner mengungkapkan, pertumbuhan industri semikonduktor pada tahun 2006 mengalami peningkatan 11,3 persen secara global. Dengan arus penjualan yang mengalir pada industri ini mencapai US$ 261,4 juta miliar ($1 = Rp 9080, sumber: detikcom).

Sampai saat ini, Intel masih bercokol sebagai jawara di jajaran industri ini, meskipun pada tahun 2006 mendapatkan penurunan pendapatan sekitar 9,5 persen.

Namun perusahaan chip terbesar di dunia ini, mulai kembali mempertajam ‘taring’ mereka dengan merilis processor terbaru. Yakni, dual qore dan quad core, yang mengkombinasikan kekuatan dua dan empat processor di dalam single chip.

Pesaing Intel, AMD juga mulai menebarkan sayapnya dengan mulai bermain di area game. Hal ini dipicu akuisisi yang dilakukan AMD terhadap ATI, perusahaan pembuat chip grafis.

Akuisisi tersebut membuat AMD termasuk ke dalam 10 besar jajaran top perusahaan semikonduktor untuk pertama kalinya.

Seperti dilansir vnunet dan dikutip detikINET, Minggu (24/12/06), AMD juga berhasil ‘memaksa’ perusahaan pembuat komputer Dell untuk mengakhiri perjanjian eksklusifnya kepada Intel. Sehingga untuk pertama kalinya processor AMD digunakan pada komputer yang dibuat Dell.(ash/ash)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s