Rabu, Jalan Tol di Atas Jalan Raya Porong Dibongkar

Senin, 25 Desember 2006 16:02 WIB

NUSANTARA – Jawa Timur

Penulis: Faisol Taselan

SIDOARJO–MIOL: Jalan tol yang melintas di atas Jalan Raya Porong dipastikan akan dibongkar, Rabu (27/12). Pembongkaran dilakukan setelah Tim Nasional Penanggulangan Semburan Lumpur Sidoarjo menyatakan jembatan itu membahayakan pengguna jalan.

“Sekarang dilakukan persiapan persiapan untuk memudahkan proses pembongkaran. Rabu (27/12) akan dibongkar,” kata Pimpinan Proyek Pembongkaran Jembatan Tol Porong Zainal Arifin Ja’far di Sidoarjo, Senin (25/12).

Saat ini sudah ditempatkan crane 50 ton dan 80 ton di lokasi serta menempatkan gergaji beton. Beberapa peralatan berat lainnya juga tengah dalam perjalanan menuju lokasi jembatan.

“Nanti akan dibuat jalan alternatif yang tidak jauh dari jembatan tol sehingga arus lalu lintas menuju Malang atau Surabaya tetap normal seperti biasa,” katanya.

Jalan tol Gempol-Porong yang melintas di atas jalan Raya Porong ini tidak lagi terpakai setelah jalan tol itu ditutup total akibat tergenang lumpur. Pembongkaran dilakukan karena saat ini terdapat retakan retakan di konstruksi jalan tol tersebut.

Dalam satu minggu penyangga jalan tol ini mengalami keretakan hingga delapan sentimeter. Bahkan, beberapa bagian juga retak sehingga jalan tersebut sewaktu-waktu bisa ambruk.

Kepala Bagian Pengendali Proyek PT. Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol M Dono mengatakan pembongkaran diperkirakan akan berlangsung tiga pekan.

Meski dilakukan pembongkaran jalan masyarakat masih bisa melintasi jalan Raya Porong di bawahnya. Tapi akan diatur supaya memanfaatkan kolong jembatan yang sedang tidak dibongkar.

“Secara teknis, akses jalan ini dibuat di sisi barat dan timur untuk dimanfaatkan secara bergantian kalau di sisi timur dibongkar dan di sisi barat ini dimanfaatkan,” ujarnya.

Sementara itu, upaya untuk menahan laju lumpur dengan membuat tanggul di sekitar Desa Ketapang terus dilakukan. Ketinggian tanggul di desa tersebut kini di atas satu meter.

Tanggul tersebut untuk menahan laju lumpur agar tidak masuk ke rel kereta api dan Jalan Raya Porong. Timnas juga aman menambah tanggul di sekitar Perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera agar lumpur tidak masuk ke Desa Gempolsari. (FL/HS/OL-06)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s