Pengguna Voip Rumahan Mencapai 9 juta

Minggu , 24/12/2006 09:41 WIB

Ardhi Suryadhi – detikInet

Jakarta, Jumlah pengguna layanan Voip bagi pelanggan rumahan terus mengalami kenaikan. Riset yang dilakukan In-Stat mencatat, pengguna layanan telepon berbasis internet ini sampai akhir kuartal kedua tahun 2006 mencapai, lebih dari 9 juta pengguna.

Charles Gerlach, direktur konsultasi In-Stat, menyatakan dampak dari kenaikan pengguna Voip ini akan sangat berpengaruh bagi jumlah pengguna layanan telepon seluler, sehingga dapat mengancam kelangsungan bisnis seluler.

Hal ini didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh analis pasar yang menyebutkan, hampir setengah pengguna Voip rumahan telah melakukan pemutusan terhadap penggunaan layanan telepon konvensional, setelah mereka tersambung dengan layanan telepon via internet ini.

Kenaikan pengguna Voip juga membuat persaingan bagi provider layanan ini semakin sengit. Vonage melaporkan saat ini telah memiliki 1,7 juta pelanggan, lalu disusul perusahaan TV kabel milik Time Warner Inc. dengan 1,6 juta pengguna.

In-Stat juga mencatat, Skype mendominasi sebagai aplikasi Voip yang paling banyak dipakai oleh pengguna rumahan di Amerika dengan jumlah pengguna sekitar 2,1 juta. Demikian dikutip detikINET dari techweb, Minggu (24/12/06).(ash/ash)

One thought on “Pengguna Voip Rumahan Mencapai 9 juta

  1. ngurah

    ada yang tahu ga berapa jumlah pengguna VOIp di Indonesia? secara umum, penting euy buat Tugas Akhir, dah nyari kemana-mana yang ada cuman data pengguna VOIP di dunia

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s