Januari 2007, Intel Rilis Core 2 Quad

Kamis , 21/12/2006 15:01 WIB

Lathiefa Nur Ilma – detikInet

Jakarta, Januari mendatang, Intel bakal meluncurkan model ketiga prosesor 4-core-nya sebagai ambisi untuk mengalahkan pesaingnya, Advanced Micro devices (AMD).

Seperti dikutip detikINET dari IDG News Service, Kamis (21/12/2006), Januari mendatang bertempat di pameran penjualan Las Vegas, Intel bakal merilis chip Core 2 Quad untuk desktop high-end. Sementara chip quad-core Xeon 5300 khusus server dan chip Core 2 Extreme QX6700 khusus gamer akan dirilis November 2007 mendatang.

Chip Quad-Core disebut-sebut dapat menangani tugas yang kompleks dengan lebih cepat daripada chip single-core karena sudah menggunakan software multithread yang memecah tugas dan mengolahnya secara simultan.

Chip jenis ini populer di kalangan pengguna yang menangani server, pekerja seni digital yang membutuhkan komputer kecepatan tinggi maupun para gamer.

Intel juga berencana memperluas segmen pemasarannya, tetapi tetap berfokus pada pengembangan prosesor dan program-program yang membutuhkan spesifikasi tinggi seperti hiburan, game dan aktivitas multimedia.

Dalam jangka panjang, Intel bakal menggunakan prosesor multicore sebagai mesin platform teknologi perkantoran, teknologi mobile dan perusahaan besar.

Sayangnya, Intel belum menentukan kepastian tanggal peluncuran, harga, clock speed maupun vendor hardware yang berencana menggunakan mikroprosesor baru pada komputer-komputernya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s