Pria pun perlu spa

Kata orang bijak pikiran adalah kekuatan. Dengan kejernihan pikiran, akan mampu melahirkan ide gemilang. Lahir dan batin kita memang perlu istirahat setelah energinya terkuras. Salah satu cara mengisi ulang energi itu adalah lewat spa. Secara umum, spa yang dikenal sejak kekaisaran Romawi dianggap hanya untuk perempuan. Pada kenyataannya, lelaki pun banyak yang berdatangan ke pelayanan spa untuk merawat tubuh mereka.

Bila mengisi ulang energi untuk fisik lewat makanan, energi untuk batin salah satunya melalui spa, memanjakan diri sambil menikmati suasana santai.

Banyak hal yang ditawarkan lewat spa yaitu perawatan tubuh dan kulit. Selain itu, perawatan juga bisa dinikmati secara paket mulai dari ujung rambut hingga kaki seperti perawatan rambut, body polish, hidroterapi, massage, manicure dan pedicure, facial, body scrub hair dan scalp treatment. Berbagai jenis perawatan itu juga ditawarkan secara terpisah.

Untuk kaum lelaki, seperti di The Bimasena Spa yang terletak di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, selain massage yang paling banyak dipilih adalah facial. Perawatan kulit untuk lelaki ini dinamakan Gentleman’s Facial selama 60 menit dengan tarif Rp400.000. Di sini ruangannya cukup besar dengan fasilitas lengkap seperti jacuzzi, shower, steam dan sauna.

“Untuk facial lelaki ini bahannya menggunakan produk Yon Ka dari Prancis,” kata Eleine Koesyono, Public Relations Officer Grha Bimasena.

Tekstur kulit

Facial ini ditujukan untuk mereka yang terkena sinar matahari karena main golf atau olahraga lainnya. Perawatan ini juga untuk menghilangkan warna kemerahan di kulit. Seperti halnya perempuan, kaum lelaki pun ada yang memiliki kulit sensitif.

Fauziah, terapis di The Bimasena, mengatakan untuk facial laki-laki ini digunakan krim Phyto 54 dari Yon Ka, sedangkan maskernya menggunakan Hydratant 60 yang mengandung air. Ini dipakai karena kulit pria sifatnya cenderung kering. Masker ini untuk memberikan nutrisi air ke dalam kulit dan menjadikan kulit lebih bagus teksturnya.

Setiap harinya yang datang ke spa tersebut untuk Gentlemen’s Facial sedikitnya satu member, sementara yang bukan anggota lebih banyak. “Satu berbanding empat,” kata Fauziah menjelaskan.

Manfaat dari perawatan ini ini adalah wajah akan lebih segar. “Jadi wajah lelaki juga perlu perawatan, tak hanya wajah perempuan saja,” kata Fauziah. Dia pun menyarankan paling tidak untuk kaum pria merawat wajahnya satu bulan satu kali.

Berbeda dengan Grand Odiseus yang terletak di Hotel Gran Mahakam. Pelayanan spa yang banyak diminati lelaki adalah aromatherapy massage dan traditional massage. Tidak seperti perempuan yang lebih banyak memilik perawatan seperti Royal Heritage Body Treatment, Javanese Lulur dan Balinese Boreh, kata Debby S. Yasser, Manager Public Relations Hotel Gran Mahakam.

Untuk kesegaran tubuh dan penghalusan kulit bagi kaum adam digunakan relaxing oil, refreshing, warming, breath free dan calming oil. Namun, yang paling banyak diminati pengunjung adalah relaxing oil. Tarif untuk aromatherapy massage ini Rp175.000 per jam, sementara Javanese Traditional Massage Rp150.000.

Walaupun Grand Odiseus juga memberikan pelayanan kepada perempuan, sebagian besar pengunjungnya adalah kaum pria. Perbandingannya, dari 10 pengunjung setiap harinya, kaum lelakinya bisa delapan orang.

Untuk memberikan atmosfir santai dan suasana yang nyaman, dalam setiap ruangnya dilengkapi dengan jambangan bunga. Semua itu untuk kembali pada tujuan pergi ke spa bagi kaum lelaki, yaitu mengisi ulang energi yang terkuras agar tubuh kembali bugar dan kulit segar. Dengan demikian pikiran pun menjadi jernih dan melahirkan ide cemerlang. (herry.suhendra@bisnis.co.id)

Herry Suhendra
Bisnis Indonesia

One thought on “Pria pun perlu spa

  1. Pingback: Spa sebagai Terapi Kesehatan Modern | Artikel Ilmiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s