Mencari jawara reksa dana 2007

Sikap optimistis terhadap perekonomian 2007 akan memberi implikasi positif pula terhadap perkembangan pasar modal. Berarti, Anda boleh mempertimbangkan peningkatan portofolio di pasar modal, baik dalam bentuk saham, obligasi maupun reksa dana.

Dengan tingkat bunga lebih rendah, potensi pendapatan bunga-jika menempatkan uang dalam bentuk deposito-juga mengecil. Karena itu mesti ada pilihan investasi lain untuk memaksimalkan pendapatan. Salah satunya yang bisa dipertimbangkan menaikkan portofolio di pasar modal adalah reksa dana pendapatan tetap.

Stabil

Reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana yang investasinya fokus pada instrumen pendapatan tetap yaitu obligasi. Jenis reksa dana pendapatan tetap mengandalkan penghasilannya dari tingkat suku bunga (kupon) yang sifatnya stabil dari instrumen obligasi tersebut. Komposisi investasi reksa dana pendapatan tetap bisa berbanding 80% investasi pada obligasi dan sisanya 20% pada instrumen perbankan seperti tabungan dan deposito.

Setelah sempat menuai badai pencairan yang cukup besar pada pasar reksa dana berbasis obligasi akibat penurunan harga obligasi secara signifikan pada 2005 sebagai dampak langsung dari kenaikan tingkat suku bunga SBI, maka sebaliknya tren penurunan suku bunga sepanjang 2006 mengakibatkan naiknya nilai obligasi di pasar, sehingga berdampak terhadap peningkatan kinerja reksa dana pendapatan tetap.

Karena itu reksa dana pendapatan tetap masih dapat menjadi sarana investasi yang layak dipertimbangkan. Contohnya, reksa dana yang sebagian besar portofolio investasi dialokasikan pada obligasi pemerintah Republik Indonesia.

Tip membeli reksa dana pendapatan tetap :

# Pilihlah reksa dana dengan manajer investasi yang berpengalaman dalam pasar instrumen pendapatan tetap, diharapkan dapat memperoleh hasil investasi maksimal.

# Analisa portofolio investasi obligasi dari manajer investasi. Apakah semua jenis obligasi negara atau dengan obligasi korporasi. Apabila portofolio investasi obligasi tersebut memang bagus, dapat dipastikan tingkat return reksa dana tersebut bisa diatas reksa dana sejenis lainnya

# Setiap investor yang membeli reksa dana pendapatan tetap hendaknya mengenali karakter risiko investasi obligasi. Dengan mengenal risiko obligasi secara detil dan akurat diharapkan investor reksa dana pendapatan tetap dapat melakukan evaluasi kinerja atas reksa dana yang dimilikinya secara menyeluruh.

Saat ini Government Bonds yang tersedia dapat memberikan imbal hasil (yield) sekitar 13% hingga 14% per tahun. Jika dibandingkan dengan tingkat SBI saat ini sebesar 9,75% per tahun, maka tingkat pengembalian obligasi negara lebih menarik untuk dipertimbangkan mengingat obligasi ini memiliki tingkat risiko yang relatif rendah karena dijamin oleh pemerintah .

Pada dasarnya setiap individu yang berinvestasi selalu ingin mendapatkan keuntungan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki akses ke berbagai produk investasi karena keterbatasan dana.

Salah satu keunggulan dari reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana secara umum adalah jumlah dana yang dibutuhkan untuk berinvestasi relatif kecil alias terjangkau oleh hampir semua kalangan masyarakat.

Selain itu, reksa dana dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman dan portofolio reksa dana sudah terdiversifikasi dengan baik. Ditambah lagi kebijakan informasi pengelolaan investasi yang transparan disertai tingginya tingkat likuiditas reksa dana. Lagi pula prosedur investasinya mudah dengan biaya transaksi yang cukup murah.

Mike R. Sutikno
Perencana Keuangan
The MRA Company-Financial Counselling Education

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s