Jurus penting memulai bisnis

Kesuksesan hari ini tidak berarti besok kita akan meraih sukses lagi. Tanpa kesiapan dan berjuang lebih keras, maka kesuksesan sulit kita pertahankan. Demikian petikan kalimat yang seringkali dilontarkan motivator Andrie Wongso pada audiensnya. Kalimat itu pulalah mantan pemain kungfu itu menuai sukses saat ini. Inti dari untaian kalimat tersebut adalah kesuksesan memerlukan sebuah kerja keras dalam mencapai dan memperjuangkannya.Begitu juga dalam dunia bisnis. Bagi Anda yang tidak siap berjuang keras, jangan pernah memimpikan sukses. Orang yang suka berjuang keras adalah orang yang tidak takut gagal dan siap meraih kesuksesan. Ya, kegagalan adalah sukses yang tertunda.

Menurut Rustika T Karim, Managing Director Karim Bussiness Consulting, pebisnis yang sukses adalah yang pernah gagal beberapa kali dalam usahanya. Mereka tidak pantang menyerah dan terus berusaha bangkit dari kegagalan. Kegagalan yang berat kerapkali hanya dianggap batu kerikil dalam perjalanan panjangnya menuju sukses.

Memasuki tahun baru, mungkin sebagian dari Anda berencana untuk membuka bisnis baru. Sebelum rencana tersebut dilaksanakan ada baiknya Anda mengetahui apakah Anda sudah siap sukses? Kalau begitu bersiaplah bekerja keras dan mengalami kegagalan.

Walau begitu, jangan diartikan bahwa seseorang harus menjalani jatuh bangun berkali-kali dalam usahanya.

Anda harus mengantisipasi kegagalan. Maka, Anda harus memiliki pedoman tepat sebelum menjalankan bisnis. Tentu, Anda harus memiliki tip jitu sebelum menggapai kesuksesan lewat bisnis Anda.

Berikut tip yang mungkin bisa Anda gunakan sebelum siap menjadi orang sukses.

? Seorang pebisnis harus memiliki keberanian. Artinya, dia berani mengambil risiko gagal dan berani mengambil risiko sukses. Namun, sayangnya saat ini banyak orang yang belum memiliki keberanian penuh dalam menjalankan bisnis, padahal ia sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang matang yang bisa membuatnya sukses.

? Tekun. Jangan hanya memiliki impian tinggi, jika Anda tidak berniat menekuni dengan sungguh-sungguh usaha Anda. Jangan pantang menyerah saat kegagalan pertama dan kedua menimpa Anda. Pada dasarnya, gagal adalah bagian inti dari sebuah usaha.

? Harus berpikir rasional. Artinya tidak nekad dalam menjalankan rencananya. Anda harus memilih bisnis yang risikonya paling kecil, dan yang terpenting sesuai dengan bidang, minat, dan pengetahuan yang Anda kuasai.

? Mau bekerja sama dan belajar. Sebuah bisnis meskipun sekuat apapun orang itu, tidak akan berjalan tanpa adanya bantuan orang lain dan jaringan yang kuat. Bahkan pemilik usahapun harus memiliki orang yang dipercaya untuk menjalankan roda bisnisnya, sementara ia bertugas sebagai pemantaunya.

? Pelajari keinginan dan kebutuhan pasar. Dalam hal ini Anda harus tahu iklim, sifat dan kebutuhan pasar. Sesuaikan usaha Anda dengan kebutuhan mereka dengan melakukan survei kecil-kecilan pada calon pelanggan Anda.

? Pelajari kompetitor. Bisnis tak akan berjalan tanpa adanya kompetitor. Percaya atau tidak, hidup matinya sebuah bisnis karena adanya kompetitor. Jika Anda sudah mengetahui kompetitor Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda mencari peluang yang bisa dibidik yang mungkin saja tidak terlihat oleh kompetitor Anda. Di sinilah faktor ide dan kreativitas Anda diperlukan.

? Modal finansial. Dalam hal ini menurut Rustika, modal finansial bukanlah faktor utama dalam sebuah bisnis. Karena dengan networking yang kuat, seseorang bisa memanfaatkannya untuk memberikan kucuran dana sebagai modal menjalankan bisnis.

Bussines planning. Perencanaan matang menjadi tolok ukur sejauh mana kesuksesan yang bisa Anda raih di masa depan. Dalam perencanaan inipun pembukuan usaha Anda harus tersusun dengan sistematis, sehingga pengaturan pendapatan, pengeluaran, keuntungan serta kerugian yang Anda raih bisa terprediksi dan terpantau dengan baik. (redaksi@bisnis.co.id)

Mia Chitra Dinisari
Kontributor Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s