Presiden minta pemerintah pusat tak selalu disalahkan

Kamis, 21/12/2006 15:35 WIB
oleh : Gajah Kusumo dan Diena Lestari

JAKARTA (Bisnis): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap pemerintah pusat tidak selalu dipersalahkan dan dimintakan pertanggungjawaban dalam setiap masalah yang muncul di daerah.

“Jangan ada masalah di satu-dua kabupaten yang dimintai pertanggungjawaban adalah Presiden. Tanyakan dulu Bupatinya. Saat ini desentralisasi sudah berjalan,” tegasnya saat memberikan sambutan dalam acara Penganugerahan Penghargaan Upakarti 2006 dan Penghargaan Ristisan Pengembangan Teknologi Industri 2006 di Istana Negara, tadi siang.

Presiden menyatakan dalam era desentralisasi saat ini, maka pemerintah pusat maupun daerah memiliki tanggung jawab masing-masing.

Meski demikian, menurutnya, tetap harus ada panduan yang jelas mengenai tugas dan tanggung jawab masing-masing serta pengertian bersama antara pusat dan daerah dalam melaksanakan tugasnya.

“Itulah kenapa kenapa bupati, walikota, dan gubernur dipilih langsung oleh rakyat dan bukan Presiden, yaitu agar rakyat tahu setelah menjadi bupati apa yang telah dilakukan. Masalah beras ada tidak, harganya naik atau tidak. lapangan kerja bertambah atau tidak, pendidikan lebih baik atau tidak, kesehatan makin baik atau tidak,” ujarnya. (editor dj)

Tampilan Cetak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s