Judul serial terakhir Harry Potter terkuak

LONDON: Pengarang Inggris JK Rowling, mengungkapkan bahwa Harry Potter and the Deathly Hallows merupakan judul buku ketujuh dan terakhir serial Harry Potter. Menurut saluran berita Inggris BBC, Rowling telah menyembunyikan judul bukunya pada web resminya, sehingga pengunjung situs harus menebak-nebak untuk mengetahui nama judulnya.

Penerbit AS Scholastic juga membenarkan judul tersebut dalam pernyataannya. Rowling menjelaskan dalam situs web miliknya bahwa dirinya masih mengerjakan dengan perasaan stres dan tak sabar akhir dari serial yang ditunggu-tunggu penggemar itu.

“Saya kini sedang menulis berbagai adegan yang telah direncanakan, dalam sejumlah kasus untuk puluhan tahun atau bahkan lebih,” ujarnya seperti diberitakan DPA dan AFP, Kamis.

Pengarang telah mengindikasikan bahwa dua tokohnya akan mati pada buku terakhirnya. Dia tak mengenyampingkan bahwa salah satu dari kedua orang itu adalah tokoh utama, yakni Harry Potter sendiri.

Dia kemudian melukiskan mimpi-mimpi anehnya tentang dunia Harry, yang menurut para penggemar serial Harry Potter akan dapat memberikan petunjuk mengenai apa yang akan terjadi pada buku terakhir.

“Selama bertahun-tahun orang telah bertanya kepada saya apakah saya pernah memimpikan dunia Harry,” tutur Rowling.

Buku-buku Harry Potter telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa dan telah terjual lebih dari 300 juta kopi di seluruh dunia.

Empat buku pertamanya telah dibawa ke layar lebar sebagai film laris, dengan Daniel Radcliffe berperan sebagai bocah penyihir Harry Potter, dan meraup pemasukan dari penjualan karcis senilai USS3,5 miliar.

Majalah Forbes memperkirakan kekayaan Rowling mencapai US$1 miliar. Kekayaan ini menempatkan dirinya sebagai orang pertama yang menjadi milyarder dari menulis buku. Novel ketujuh itu kabarnya akan diterbitkan paling cepat tahun depan.

Pengambilan gambar atau syuting Harry Potter and the Order of the Phoenix, film kelima dalam serial Harry Potter, saat ini berlangsung dan akan dirilis tahun depan.

Dikecam

Meski laris manis pada setiap penerbitannya, serial Harry Potter ternyata tercatat sebagai salah satu buku yang paling dikecam selama enam tahun terakhir.

Asosiasi Perpustakaan Amerika (ALA) beberapa waktu lalu mengungkapkan serial Harry Potter bersama cerita-cerita klasik seperti Of Mice and Men karya John Steinbeck dan serial anak-anak berjudul Captain Underpants, memuncaki daftar buku paling dikecam selama enam tahun terakhir ini.

ALA mulai melacak upaya penarikan buku dari sekolah dan perpustakaan sejak 1990 serta akan merayakan peringatan 25 tahun Pekan Buku Terlarang pada 30 September.

Lembaga itu menyatakan serial bocah laki-laki penyihir karangan J.K. Rowling itu memimpin daftar buku paling dipertanyakan karena isinya mengenai sihir dan dorongan berperilaku buruk, kata para pencelanya.

Buku Steinbeck dikecam karena mengandung hal-hal berbau rasis, kata-kata kotor serta seks, sedangkan buku tentang superhero Captain Underpants dianggap tidak cocok dikonsumsi anak-anak karena dituduh berisi paham antikeluarga.

Selain ketiga buku, buku lain yang masuk 10 besar adalah autobiografi terkenal Maya Angelou berjudul I Know Why The Caged Bird Sings yang berisi cerita tentang masa kanak-kanak seorang Afro-Amerika dalam masa depresi 1930-an yang diperkosa. Buku tersebut dianggap berisi rasisme, homoseksualitas dan bahasa kasar.

The Chocolate War, karangan Robert Cormier, serta Forever karangan Judy Blume, keduanya dikecam karena kandungan seksual dan bahasa kasar, sedangkan buku It`s Perfectly Normal: Changing Bodies, Growing Up, Sex and Sexual Health, sebuah panduan untuk remaja karya Robie Harris, dicela karena berisi gambar-gambar yang vulgar.

Buku lainnya yang ada di daftar itu adalah serial Alice karya Phyllis Reynolds, Fallen Angels karya Walter Dean Myers, serta serial Scary Stories karangan Alvin Schwartz.

Antara

5 thoughts on “Judul serial terakhir Harry Potter terkuak

  1. ANNISA KRAMA

    I LOVE HARRY POTTER!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!I I DON”T WANT HE DIES. I WANT HE LIVES FOREVER. PLEASE DON”T KILL HIM JK ROWLING!!! THE STORY OF HARRY POTTER IS AMAZING

    Reply
  2. PIPHIN

    please don’t replace DANIEL, cause he is so cute and handsome. suitable to play HARRY’s character.

    Reply
  3. shata potter

    I LOVE POTTER……AND I LIKE THE ENDING OF this story…….
    because voldemort ketipu
    but i’m very very sad because Fred died..he so kind to harry potter
    why harry potter love ginny?????because he’s my mine

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s