Irwandi-Nazar Jadi Gubernur

Jakarta, gusdur.net

Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menghimbau kepada semua pihak, supaya kemenangan mantan Juru Bicara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Irwandi Yusuf sebagai orang nomor satu di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) beberapa waktu lalu, dilihat sebagai kemenangan rakyat.

“Pilihan rakyat Aceh untuk menentukan pemimpinnya melalui Pilkada harus didukung, karena prosesnya sudah begitu ya ikuti saja,” kata pencetus penyelesaian konflik Aceh lewat dialog ini di sela pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) PKB DKI Jakarta di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu (16/12/2006).

Karenanya, Gus Dur berharap, supaya masyarakat Indonesia tidak khawatir atas kemenangan Irwandi itu.

“Kemenangan Irwandi Yusuf tidak perlu dikhawatirkan. Kalau dasarnya hanya persetujuan Helsinki memang berbahaya. Tapi TNI kan tidak keluar dari Aceh. Siapa pun yang berani menggerakkan kemerdekaan Aceh akan langsung diserbu dan ditangkap,” kata Ketua Dewan Syura DPP PKB itu.

“Makanya saya tidak khawatir sama sekali,” sambungnya.

Kemenangan pasangan Irwandi Yusuf-Muhammad Nazar dalam Pilkada Aceh memantik beragam komentar. Pemerintah RI sendiri menyatakan siap bekerja sama. Namun tak sedikit yang mengkhawatirkan, kemenangan calon gubernur dari jalur independen itu sebagai awal kemerdekaan NAD.

Restu Gus Dur
Di tempat yang sama, kandidat calon gubernur DKI Jakarta Rano Karno dan Fauzi Bowo, terlihat hadir di acara Musyawarah Wilayah (Muswil) PKB di Hotel Sahid, Jakarta. Terlihat juga, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Muswil yang digelar untuk mematangkan bakal cagub dan cawagub, sekaligus pemilihan Dewan Syuro dan Dewan Tanfidz DPW PKB DKI. “Berdasarkan rapat-rapat dan hasil poling menyebutkan kalau Rano lebih populer,” kata Muhaimin mengungkapkan alasan partainya melirik Si Doel. “Dan yang penting dia itu fresh,” sambungnya.

Selain Rano, Fauzi Bowo juga masuk dalam bursa cagub di PKB. Pada acara ini, Foke bahkan terlihat mencium tangan Gus Dur dan duduk berdampingan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s