DPD proses judicial review atas UU Susduk

Selasa, 19/12/2006 16:04 WIB
oleh : Rudi Ariffianto

JAKARTA: DPD sedang memproses judicial review terhadap UU Susduk yang dinilai bertentangan dengan UUD45 terkait dengan keterlibatan dewan itu dalam pembahasan RUU bersama DPR.

Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita menyatakan di dalam UUD45 yang diamandemen disebutkan DPD ikut membahas RUU bersama DPR dan pemerintah tanpa penjelasan lebih jauh tentang batasan pembahasan hingga tahap mana. Sedangkan UU Susduk menyebutkan pelibatan DPD hanya sampai pada pembahasan awal.

“Dalam UUD45 disebut membahas, apakah membahas itu berati diajak bicara atau bagaimana”, ujarnya setelah pertemuan hari ini.

Selama ini, kata dia, DPD hanya dilibatkan dalam memberikan masukan tertulis di tahap awal dan DPR tidak pernah meminta penjelasan lebih lanjut tentang masukan itu sehingga lembaga DPD tidak tahu kejelasan nasib masukan yang diberikan.

DPD, lanjutnya, justru kalah pamor dengan LSM yang cukup dominan perannya dalam memberikan masukan kepada DPR. Dia berharap dengan pengajuan judicial review ada perbaikan peran yang akan dilakukan PD di masa mendatang. (dj)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s