DPD Minta Dilibatkan Bahas UU Politik

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) minta dilibatkan secara aktif dalam proses pembahasan (revisi) paket UU bidang politik yang menurut rencana akan berlangsung mulai tahun depan.

Permintaan itu dikemukakan Ketua DPD Gianandjar Kartasasmita dalam pertemuan dengan pimpinan DPR di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta. Pertemuan konsultasi itu antara lain dihadiri Ketua DPR Ginandjar Kartasasmita, Wakil Ketua DPD Laoda Ida, Ketua DPR Agung Laksono, dan Wakil Ketua DPR Zaenal Ma’arif.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, Ketua DPD menyampaikan kepada pimpinan DPR tentang hasil keputusan sidang paripurna penutupan masa persidangan II tahun sidang 2006-2007 DPD pada 7 Desember lalu. terdapat lima keputusan yang disampaikan ke DPR, yakni pendapat dan pandangan DPD terhadap RUU tentang Pelayaran, RUU tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, dan RUU tentang Pemerintahan Daerah Khusus Ibukita Jakarta.

Selain itu, DPD juga menyampaikan pandangan dan pendapat tentang hasil pemeriksaan BPK semester II tahun anggaran 2005. Juga tentang pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran pendapat dan belanja negara 2005.

Menurut Ginandjar, dalam pertemuan tersebut pihaknya secara khusus menyampaikan harapan DPD untuk diberikan kesempatan ikut secara aktif dalam proses pembahasan UU Susduk dan khusus. (Media Indonesia, 20/12/06)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s