Arswendo: Pers lokal jago infotainment

Jumat, 22/12/2006 16:24 WIB
oleh : Rudi Ariffianto

JAKARTA (Bisnis): Perusahaan pers Indonesia dinilai hanya jago di bidang pemberitaan dunia hiburan, tapi melempem untuk kasus-kasus menyangkut birokrasi penyelenggara negara.

Budayawan Arswendo Atmowiloto mengatakan kasus-kasus selebritas seperti kematian Alda, perselingkuhan Maria Eva, dan poligami Aa gym lebih menghegemoni dibandingkan dengan pengungkapan mafia narkoba, kematian Munir, pelanggaran HAM, yang menurut dia terkadang hanya berisi informasi mentah.

“Sumber berita terbatas kaum selebritas, tapi begitu berhubungan dengan birokrasi penyelenggara negara baik legislatif maupun eksekutif menjadi pasif dan mandul”, ujarnya dalam diskusi publik refleksi akhir tahun kebebasan pers dan kebebasan memperoleh informasi di Jakarta, hari ini.

Kecenderungan itu, kata Arswendo, disebabkan oleh tiga hal. Pertama, tatakrama birokrasi yang memang sangat tertutup dan tak bersahabat dengan pers. Dia mencontohkan kasus-kasus yang melibatkan birokrat, dengan sendirinya birokrasi defensif.

‘Mekanisme defensif yang terjadi, jika anggota atau kader terlibat kasus kriminal, amoral, atau juga korupsi, segera mereka dioknumkan agar lembaganya tidak kecipratan”, ujarnya.

Alasan kedua, lanjutnya, kekuasaan industri yang dinilainya telah memasuki tahap rakus. Persaingan yang berat antar perusahaan pers membuat industri menghindari kesalahan sekecil mungkin terhadap pemerintah, yang bisa berisiko kebangkrutan. Kecenderungan saat ini, kata dia, semakin besar perusahaan pers semakin takut bersinggungan.

Akibatnya, kata dia, pers cenderung hanya memanfaatkan sumber informasi terbuka melalui konferensi pers, yang aman-aman saja, dan jarang melakukan investigasi.

Sedangkan alasan ketiga adalah rendahnya kepedulian dan sikap apatisme masyarakat terhadap isu-isu yang berkembang dan diinformasikan oleh pers. Arswendo melihat hanya segelintir masyarakat melalui kelompok-kelompok kecil yang menaruh minat terhadap informasi. (editor dj)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s