All-new Toyota Corolla

(06/12/2006) – 2006 Helsinki Motor Show menjadi tempat debut all-new Corolla dipasar Eropa. Generasi ke 10 sedan paling laris di dunia ini menjadi simbol inti kekuatan Toyota yaitu kualitas super, style, kenyamanan berkendara dan inovasi.

All-new Corolla didisain memadukan konfigurasi sedan klasik dengan style unik dan dinamis. Untuk mencapai target itu, Corolla baru dirancang dengan disain khas, ruang interior lebih tinggi dan keriangan berkendara.

Toshi Ezaki, chief engineer untuk Corolla terbaru menjelaskan: “Ketika tiba waktunya mengembangkan generasi ke 10 Corolla, tantangan utamanya adalah menciptakan mobil yang bisa memikat generasi lebih mudah sekaligus tetap melekatkan kehandalan, daya tahan, dan kemudahan pengendalian yang mendapat penilaian tinggi dari konsumen kami saat ini,” katanya. “Semua pengemudi, tidak dibatasi usia, sangat sensitif terhadap dinamika, styling berkualitas tinggi yang menghadirkan sensasi kemewahan. Disain kami yang baru dan kuat ini, mengkombinasikan driving dynamics unggul, diharapkan dapat menghapus stereotipe Corolla sebagai mobil bagus yang tidak memiliki driver appeal.”


“Kami mengembangkan interior yang bisa melukiskan kesan lapang melebihi space sesungguhnya, saat anda membuka pintu dan masuk kedalam mobil. Kami benar-benar memperhatikan semuanya. Kami mengejar penciptaan space yang melukiskan kemewahan dan keotentikan.”

Corolla terbaru ini akan mengikuti jejak pendahulunya yang diproduksi di 16 negara dan diedarkan di lima benua di lebih dari 140 negara. Sejak diluncurkan 1966, hampir 32 juta Corolla terjual di seluruh dunia. Produksi generasi ke-10 untuk pasar Eropa akan dipusatkan di Takaoka, Jepang dan dipasarkan di Eropa mulai Februari.

eye catching

All-New Corolla baru tampil mencolok di jalanan, bahkan ketika masih jauh. Sosoknya yang rendah dan lebar menciptakan tampilan dinamis dan sporty yang diperkuat lewat garis-garis bersih dan struktur permukaan yang komplek. Dibandingkan model yang ada sekarang, tinggi total Corolla baru (1470mm) tetap tidak berubah, meskipun ketinggian interior dan ruang kepala bertambah lewat packaging yang cerdas. Model baru ini (4,540mm) lebih panjang 130mm sementara wheelbase-nya tetap 2600mm.

Tampilan sporty yang diciptakan dari sosok lebar, rendah jelas terlihat dari depan dan belakang. Lebar total kini jadi 1760mm dari 1710mm pada generasi ke-9. Fitur paling beda dari Corolla generasi ini adalah garis dengan karakter kuat yang mengalir disepanjang tubuh, mulai dari bumper depan dan mengalir ke belakang lewat pintu hingga ke belakang. Garis ini menciptakan permukaan cembung cekung yang kompleks pada bagian depan dan belakang.

Ruang interior maksimum dan kualitas premium jadi syarat terpenting untuk mewujudkan janji Toyota bahwa Corolla baru ini “a class above”. Toshi Ezaki menjelaskan: “Kami mengembangkan interior yang bisa melukiskan kesan lapang melebihi space sesungguhnya, saat anda membuka pintu dan masuk kedalam mobil. Kami benar-benar memperhatikan semuanya. Kami mengejar penciptaan space yang melukiskan kemewahan dan keotentikan.”

Permukaan atas dashboard diturunkan untuk menciptakan kesan lega dan door trim di rancang dengan kurva-kurva lentur untuk membangun kesan tanpa sekat. Style dinamis eksterior juga terlihat dibagian dalam lewat garis-garis tegas pada kursi dan kesan mewah diciptakan lewat sentuhan warna silver di centre console yang menciptakan elemen garis vertikal kuat. Instrumen panel dan posisi mengemudi didisain sporty. Speedometer dan tachomater mengadopsi optitron tiga dimensi.

Ruang antara pengemudi dan penumpang ditingkatkan dengan lebih banyak headroom dan leg room dan jarak antar baris kursi mencapai 900mm. Penumpang belakang diuntungkan dengan konstruksi lantai datas yang meningkatkan kenyamanan sementara hip point pengemudi dan penumpang depan di naikkan untuk menghasilkan poisisi duduk lebih natural dan visibiliti lebih baik.

Disainer dan insinyur juga fokus pada ruang penyimpanan, yang secara praktikal membuat Corolla baru lebih mudah untuk bongkar muat barang. Lebar dan kedalaman ruang bagasi ditingkatkan dan kapasitas dimaksimalkan dengan mengurangi celah antara lining dan body surface. Glove box untuk penumpang depan di posisikan secara seksama untuk menambah kapasitas penyimpanan, plus 15 tempat penyimpanan lain di sekujur kabin yang total volumenya 18.9 liter.

driver appeal

Untuk memastikan memancarkan driver appeal lebih besar, all-new Corolla mematut diri dengan mesin berteknologi tinggi dan drive train (penerus daya ke roda) yang bisa memenuhi harapan dan keinginan konsumen. Ada dua mesin bensin dan dua mesin diesel yang ditawarkan untuk pasar Eropa, plus tiga transmisi.

Seluruh mesin memenuhi standar EuroIV dan style yang aerodinamis memastikan Corolla efisien dalam konsumsi bahan bakar, mereduksi emisi berbahaya sekaligus suara mesin yang rendah.

Mesin bensin 1.6 liter, dual VVT-i menghasilkan peforma luarbiasa dengan tetap irit bahan bakar. Teknologi baru, dual VVT-i menyelaraskan timing katup masuk maupun keluar untuk memaksimalkan efisiensi dalam aneka kondisi operasional. Hasilnya, torsi meningkat pada putaran mesin rendah-menengah sekaligus meningkatkan power output pada kecepatan tinggi. Dalam waktu yang sama, juga irit bensin dan ramah lingkungan. Maximum power adalah 91kW (124hp) pada 6000rpm sementara torsi puncak 157Nm pada 5,200 dengan pita torsi lebar.

Mesin 1.6 ini ditemani mesin VVT-i 1.4 liter yang memproduksi 71kW (97hp)pada 6000rpm dan torsi maksimum 130Nm pada 4,400rpm.

Konsumen yang memilih diesel, mendapat mesin baru 2.0 D-4D 125 yang dikembangkan dari mesin 2.2 liter D-4D yang sukses. Mesin baru yang kini jadi andalan Toyota untuk bersaing di segmen diesel Eropa yang ‘hot’ itu menawarkan kenyamanan lebih daripada pendahulunya lewat power lebih besar dan efisiensi bahan bakar.

D-4D 125 dilengkapi Oxydation Catalytic converter (CCo) memproduksi 93kW (126hp) dengan torsi maksimum 300Nm pada 2000 – 2800rpm (bila menggunakan Diesel Particulate Filter dari 1800 – 2400 rpm). Ini membuat Corolla baru memiliki peforma luarbiasa diputaran menengah. Diesel Particulate Filter tidak saja mereduksi emisi hidrokarbon dan karbondioksida tapi juga mengurangi emisi particulate matter.

Mesin diesel lain adalah 1.4 liter D-4D yang digunakan di generasi sekarang. Mesin ini memproduksi 66kW (90hp) pada 3800 dan 190Nm torsi pada 1800 – 3000rpm.

Pilihan transmisi mulai dari 5-speed manual (1.6 dan 1.4 bensin serta 1.4 diesel), 6-speed manual (1.6 diesel) dan MultiMode transmission dengan padle shift di kemudi untuk pemindahan gigi manual atua automatic, tersedia pada 1.6 bensin dan 1.4 diesel.

Insinyur Toyota memberi perhatian lebih pada driving dynamics dengan memperbaiki stabilitas, handling responsif dan kontrol kemudi presisi. Pada saat yang sama kenyamanan ditingkatkan sementara noise level diturunkan.

Suspensi depan baru yang kompak, L-arm MacPherson strut untuk meredam suara dan getara dan tentu saja menghadirkan pengendalian mantap, stabil, nyaman serta lincah. Dibelakang suspensi batang torsi baru berkontribusi terhadap handling, stability dan kenyamanan. Adopsi stuktur body sangat rigid plus penempatan peredam suara yang cerdas membantu mengeliminir NVH (Noise Vibration and Harshness).

Untuk active safety, Corolla dilengkapi dengan ABS, BA EBD, Vehicle Stability Control dan dipasangi hingga 9 airbag tergantung grade varian.(R7d)

2 thoughts on “All-new Toyota Corolla

  1. Pingback: 4693db1cb9

  2. Pingback: Nodeposit casino slots

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s